Ini Profil Charles Tetjuari Pemenang Sayembara Desain Logo Provinsi Papua Pegunungan

0

Jayapura, Papuaterbit,– Charles Tetjuari meraih juara Sayembara Desain Logo Daerah Provinsi Pegunungan yang resmi diumumkan pada 05 Mei 2023, bertempat di kantor Gubernur Papua pegunungan.
Senin (8/5)

Pemuda yang biasa disapa Charles ini Lahir dan Besar di Wamena tepatnya di Sinakma atau akrab disapa kompleks Busselek, dirinya menyelesaikan Studi akhir S-1 Teknik Sipil USTJ.

Charles mengatakan dirinya merasa bangga karena dari 240 Peserta melalui seleksi yang ketat oleh Panitia baik dari keaslian logo dan filosofi unsur-unsur dalam logo dapat keluar sebagai juara pertama.

“Dari desain awal saya terjadi penyempurnaan oleh panitia sekitar 10% jadi tidak ada perubahan dari keaslian logo.
Dunia desain grafis adalah hobi saya sejak perkuliaan sudah banyak hasil karya yang dihasilkan dan juga perna juara desain logo organisasi dan gereja,”ungkapnya.

Charles menmabahkan, Sebuah karya lahir dari sebuah proses dan penghayatan karakter dan filosofi dari pemaknaan logo terbut, walapun dalam setiap hasil desain pasti ada perbedaan pandangan itu biasa sebagai proses pembelajaran.

“Namun apabila kritik harus memahami dahulu memaknai filosofi yang terkandum didalamnya, sehingga kritikannya lebih terarah sebagai masukan bagi pemerintah Provinsi Papua Pegunungan,” Ucap Charles.

“Jangan kita menebak karya, membandingkan dan mengolok sebuah karya karena ego dan emosinal semata, saya yakin kalau tujuan kita adalah menginginkan yang terbaik bagi pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan, untuk itu saya mengajak anak negri berkarya dengan kemampuan dan potansi yang ada Bangkit Bersama Membangun Wilayah Lapago,”ujarnya.

“Saya secara pribadi mengucapakan banyak terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan telah membuka ruang bagi kami generasi muda untuk mengaktualisasi kemampuan dalam desain grafis logo, walaupun setiap pertandingan pasti akan ada pemenang,” Ungkapnya.

“Saya juga berterimakasih atas dukungan Keluarga Besar Alm. Yesaya Tetjuari, Istri Tercinta Friska Twenty, Hi-Labewa, Buselek, GOAM dan Golden Gate Ministry dan sahabat-sahabat yang memberikan dukungan dalam proses pembuatan logo,” Ucap Charles.

Desain dibuat berdasarkan kutur dan budaya wilayah LAPAGO. Sebagai dasar ketahanan daerah dan memiliki 5 sisi yang mengartikan dasar daerah yang berlandaskan kelima sila Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gunung bersalju dan lembah — lembah Menjelaskan tentang kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah diberikan oleh Tuhan bagi orangLapago di Provinsi Papua Pegununaan.

Sungai – sungai memberikan kesuburan bagi orang Lapago dan menyimpan berbagai kekayaan biota air yangluar biasa.
Padi Dan Kapas lambang Kemakmuran :
a. Untaian padi yang menguning dengan bulir-bulir padi sebanyak 25 (dua puluh Puluh) bulir menggambarkan tanggal lahir Provinsi Papua Pegunungan
b. Untaian Kapas Sebanyak 7 (tujuh) Buah Menggambarkan Bulan Lahir Provinsi Papua Pegunungan
c. Pita merah putih yang mengikat padai dan kapas sebanyak delapan melambangkan delapan kabupaten yang yang berada diwilayah provinsi papua pegunungan.

HONAI ATAU PILAMO Honai adalah rumah adat yang berada di Wilayah Pegunungan yang diartikan sebagai Simbol dari kepribadian, Martabat, dan Harga DiriSuku-suku di Daerah Pegunungan.

Honai juga berbicara tentang sehati, sepikir, dan satu tujuan dalam menyelesaikan dan memecahkan berbagaipersoalan hidup. Honai juga merupakan perpustakaan kehidupan karena honai merupakan tempat hidunya berbagaiunsur budaya Lapago.

Noken merupakan tas tradisional yang dibuatoleh mama-mama Papua. Tempat terbaik bagi anak-anak Lapago tidur dan merasakan kenyamanan, bahagia, tawa dan canda. Noken juga melambangkan kelangsungan kehidupan. Noken melambangkan peran perempuan Lapago dalam pembangunan di provinsi Papua Pegunungan.

Kayo (Pengintai) Bermanfaat untuk melakukan pengintaian terhadap musuh ketika perang suku
berlangsung. Nilai filosofisnya adalah:
a. di wilayah Provinsi Papua Pegunungan akan lahir pemimpin — pemimpin yang memiliki visi masa depan yang besar dan mampu melihat kesulitan – kesulitan pada 8 kabupaten dan menjadisolusi bagi rakyatnya.
b. Menunjukkan keperkasaan pemimpin yang berjiwa besar dan melindungi.

Sedangkan filosofi dari warna logo Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan adalah:
a. Warna Kuning Yang Digunakan Pada Nama Provinsi Papua Pegunungan Diartikan Sebagavioptimis,Semangat, Dan Rasa Bahagia Membangun Daerah Dengan Keadilan Danvkecintaan Terhadap Bangsa Dan Tanah Air.
b. Warna biru muda/biru langit, warna biru dipakai sebagai warna dasar yang merupakan ciri khas cakrawala yang cerah dan memiliki harapan, kepercayaan, loyalitas,tanggungjawab dan keamanan.
c. Warna Hijau Yang Dipakai Pada Pegunungan Ini Identik Dengan Alam Yang Asli Dan Segar, Sehingga Warna Hijau Memiliki Makna Pertumbuhan, Kesuburan Dan Keindahan Alam Yang Berada Dipegunungan Papua.
d. Warna Coklat secara Umum Memberi Kesan Yangelegan Dan Anggun Sehingga Dipakai Pada Honai Dan Noken, Tetapi Warna Coklat Secara Sifat Adalah Ramah Dan Mudah Di Dekati. Sama Hal Juga Dengan Cara Hidup Masyarakat Di Pegunungan Yang Memiliki Sifat Ramah Dan Mudah Di Ajak Bergaul.
Editing Maikel Gobay /Labewa (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here