SMP Negeri 2 Jayapura Menginisiasi Pentas Seni X-Penda 2024

0

Jayapura, Papua Terbit,- SMP Negeri 2 Jayapura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, menginisiasi pentas seni X-Penda dalam rangka meningkatkan kreativitas siswa.

Kegiatan yang berlangsung di gedung Papua Youth Creative Hub, Sabtu (27/1/2024) mengangkat tema ” Berkolaborasi mewujudkan projek penguatan profil pelajar Pancasila, berkhebhinekaan global, dan kreatif”.

Kepala SMP Negeri 2 Jayapura, Dorthea Carolien Enok, mengatakan kegiatan tersebut sebagai wadah untuk menunjukkan bakat, kreatifitas, dan minat serta merajut persahabatan siswa jenjang SMP.

“Kami berkolaborasi dengan lima sekolah SMP di wilayah Distrik Abepura dan disponsori alumni SMP Negeri 2 Jayapura,” Carolien Enok.

Pentas seni X-Penda 2024 sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-114 Kota Jayapura, yang juga merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka.

“Sebagai kepala sekolah saya mengapresiasi, sehingga pentas seni ini bisa terlaksana serta terjalin persahabatan, mencegah perundungan, miras, narkoba, dan tawuran,” ujarnya.

Pentas seni dan kreasi siswa murni dilaksanakan oleh organisasi siswa intra sekolah atau OSIS SMP Negeri 2 Jayapura sekaligus meningkatkan kolaborasi sesama sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Abdul Majid, mengatakan sesuai dengan implementasi Kurikulum Merdeka bahwa kegiatan minat dan bakat menjadi kegiatan penting bagi siswa.

“Tujuannya untuk menumbuhkan minat mereka ke depan. Jadi tidak dengan akademik tapi dengan prestasi kreativitas kreatif dan seni dari siswa itu perlu,” ujarnya.

Asisten III Setda Kota Jayapura, Nur Bi Adji mewakili Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, mengatakan pendidikan bukan hanya intelektual tapi juga spiritual dan seni.

“Pentas seni ini mampu menyeimbangkan kemampuan anak. Untuk unggul bidang seni dan bakat, maka pola pikir sangat penting didorong dedikasi dan kerja keras supaya meraih cita-cita,” ujarnya.

Untuk bisa sukses maka kegagalan dijadikan sebagai batu loncatan untuk berkembang, dan rayakan setiap keberhasilan sekecil apapun sebagian motifasi untuk meraih kesuksesan.

“Percayalah para potensi diri dan jadikan minat dan bakat sebagai inspirasi. Teruslah berjuang menjadi siswa unggul, berdaya saing, kompetitif sehingga menjadi generasi emas Port Numbay (Kota Jayapura),” ujarnya. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here