Bahas Pengelolaan Air Limbah Domestik, Pemkot Jayapura Jalin Kerjasama Dengan PT. AMJRN

0

Jayapura, Papua Terbit,– Pemerintah Kota Jayapura menjalin kerjasama dengan PT.AM Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) membahas pengelolaan Air Limbah Domestik (ALD) guna mewujudkan sanitasi aman dan layak bagi warga kota Jayapura.

Penjabat Walikota Jayapura Dr. Frans Pekey, MSi menyampaikan bahwa dari hasil FGD ALD bersama USAID IUWASH Tangguh tetap mendukung rencana pengelolaan air limbah domestik yang di gagas oleh PT.AM Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) sebagai bagian dari Sustain Development Goals (SDGs). Rencana pengelolaan ALD oleh PTAMJRN ke depan

Di katakan,sebelumnya ALD ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat Pemerintah Kota Jayapura sebagai salah satu sumber PAD di sektor jasa air limbah, maka jangkauan pelayanan dan pembenahan kinerja sangatlah penting.

Oleh karena itu, sebagai wujud pembenahan dan optimalisasi limbah domestik, salah satu solusinya adalah menjalin kerja sama dengan PTAMJRN

“Ini salah satu mewujudkan sanitasi layak dan sanitasi aman, di mana tahun 2022 capaian sanitasi layak 80,29% dan sanitasi aman 71,78%,”kata Penjabat Walikota Frans Pekey, yang berlangsung di Kantor Walikota Jayapura, Jumat (1/9/23).

Sementara itu, Direktur Utama PTAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, CGRM mangatakan hasil kerjasamanya bersama pemerintah Kota Jayapura, pihaknya telah siap melaksanakan tanggung jawab menambah pelayanan air limbah di masyarakat.

“PTAM Jayapura siap menerima melaksanakan tanggung jawab tersebut yang didasari salah satunya adalah perubahan badan hukum menjadi perseroda sejak 30 Desember 2022, yang mana disebutkan bahwa selain mengelola layanan air minum, juga mengelola ALD dan pengembangan usaha lainnya,”ungkapnya

Entis juga berharap kerja sama pengelolaan ALD dapat meningkatkan peran PTAM Jayapura untuk berkontribusi terhadap pelayanan sanitasi di Kota Jayapura.

Lanjutnya, PTAMJRN nantinya bakal bersinergi dengan UPTD pemkot Jayapura yang saat ini mengelola air limbah domestik. Pengelolaan ALD PTAM Jayapura juga nantinya bisa menjadi salah satu wujud CSR dalam meningkatkan sanitasi layak dan aman.

Apalagi, potensi pelanggan air, Tutur Entis mencapai 33.600 pelanggan wilayah kota yang tercatat di PTAM Jayapura, dapat memudahkan pendataan warga yang akan mendapat layanan Air Limbah Domestik (ALD).

” PTAM Jayapura Robongholo Nanwani hingga tahun 2027 diharapkan ke depan akan lebih banyak belajar cara pengelolaan air limbah dan air bersih dari PDAM lain, seperti PDAM jayapura di Surakarta, Makassar, Bandung, Medan, kami optimis rencana ini berjalan baik,”tutupnya ( Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here