Mendagri Tito Karnavian Serahkan Penghargaan Kepada Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo

0

JAKARTA, Papua Terbit,- Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Pol (Purn) Prof Drs H. Muhammad Tito Karnavian, BA, MA, Ph.D, Selasa (29/8) menyerahkan penghargaan secara langsung kepada Penjabat Bupati Kabupaten Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si dalam acara Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2023 yang diselenggarakan Tempo di The Ritz-Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta.

Tito menyerahkan penghargaan kategori Penjabat Kepala Daerah Inovatif kepada Triwarno karena dinilai sebagai penjabat yang inovatif di Kabupaten Jayapura di daerah yang Tengah memasuki masa transisi. Meski masa jabatannya hanya sebentar, Triwarno dinilai melahirkan sejumlah inovasi dan tetap berupaya maksimal membawa perubahan kabupaten yang lebih baik bagi masyarakat.

“Pertama-tama saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Tempo yang telah menyelenggarakan acara ini karena membantu saya selaku pembina dan pengawas pemerintah daerah. Pemberian penghargaan ini juga ditujukan kepada kepala para daerah. Para kepala daerah ini sangat erat kaitan dengan inovasi infrastrukur, termasuk di daerah terluar, dan lain-lain,” ujar Mendagri Tito Karnavian dalam pengantarnya sesaat sebelum menyerahkan penghargaan kepada para kepala daerah.

Selain Triwarna, sejumlah kepada daerah yang menerima penghargaan kategori Penjabat Kepala Daerah Inovatif adalah Walikota Jayapura Dr Frans Pekey, M.Si; Walikota Payakumbuh H. Rida Ananda; Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun; dan Penjabat Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Drs H. Apriyadi, M.Si.

Para kepala daerah tersebut dianugerahi penghargaan mengingat mereka adalah tokoh inspiratif yang melahirkan sejumlah inovasi seperti pengolahan limbah kelapa menjadi produk bernilai, juga berupaya mendorong daya tarik pariwisata, meningkatkan pendapatan dengan membebaskan denda pajak, dan bercita-cita membuat mall pelayanan publik.

Selain kategori tersebut, ujar Tito, sejumlah kepala daerah juga mendapat penghargaan dari delapan kategori versi Tempo. Penghargaan kepara para kepala daerah dengan kategori-kategori tersebut erat kaitan dengan evaluasi dan pembinaan pihak Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia seperti masalah sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, daerah terluar, dan lain-lain.

“Saya pikir Tempo menciptakan iklim yang sangat penting untuk teman-teman (kepala daerah) yang jumlahnya 552 kepala daerah baik penjabat maupun kepala daerah hasil pilkada, yang terdiri dari 38 gubernur, 98 walikota, dan 416 bupati,” kata Tito, mantan Kapolda Papua dan mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Penjabat Bupati Triwarno Purnomo mengatakan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tempo yang telah menyelenggarakan acara anugerah Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2023 dan dirinya bersama sejumlah kepala daerah diberikan penghargaan dalam kategori Penjabat Kepala Daerah Inovatif tahun 2023.

“Saya sebagai pribadi dan kepala daerah merasa bersyukur kepada Tuhan serta berbahagia dan berbangga atas malam Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2023. Apalagi, saya salah satu penjabat kepala daerah yang dinilai inovatig diberi penghargaan kategori Penjabat Kepala Daerah Inovatif tahun 2023. Saya bangga karena penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Bapak Tito Karnavian,” ujar Triwarno didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, ST, M.Sos di Ritz-Calton, Mega Kuningan, Selasa (29/8) malam.

Triwarno mengatakan, penghargaan tersebut menjadi dorongan dan motivasi paripurna untuk terus berkarya melayani dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati agar masyarakat Kabupaten Jayapura semakin sejahtera. Pelayanan tersebut dibarengi dengan berbagai inovasi baru dan menunaikan berbagai agenda pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

“Dengan penghargaan ini, saya bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Jayapura terus berkarya melayani masyarakat dengan inovasi yang lebih baik, mudah, mudah, dan menghadirkan kebahagiaan serta kepuasan. Kami juga terus menghindari pelayanan yang mungkin dipandang masyarakat dan berbagai elemen mengecewakan mereka,” ujar Triwarno, yang juga mahasiswa S3 Program Studi Pembangunan Fakultas Interdisiplin Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Menurut Triwarno penghargaan tersebut juga bukan sekadar menjadi kebanggaannya sebagai Penjabat Bupati Jayapura, tetapi juga masyarakat yang dipimpinnya. Karena itu, Triwarno mengatakan dalam upaya memajukan Kabupaten Jayapura ia dan jajarannya tentu tidak bekerja sendiri namun masyarakat dan seluruh komponen.

“Saya bersama jajaran pemerintah daerah tentu tidak bisa bekerja sendiri namun membutuhkan dukungan masyarakat dan seluruh stakeholder di Kabupaten Jayapura. Pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, agama, adat, dan lain-lain saya harapkan agar selalu ada dukungan dan partisipasi membangun dan memajukan Kabupaten Jayapura yang lebih maju di masa akan datang,” kata Triwarno. (***)

Penjabat Bupati Kabupaten Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si (kanan) saat menerima penghargaan Tempo kategori Penjabat Kepala Daerah Inovatif yang diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Pol (Purn) Prof Drs H. Muhammad Tito Karnavian, BA, MA, Ph.D (kiri) dalam acara Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2023 di The Ritz-Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (29/8) malam. Foto: Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here