Polemik Pemilihan MRP Wakil Agama,Ini Tanggapan Tokoh Papua

0

Jayapura, Papua Terbit, – Adanya sejumlah polemik terkait wakil atau utusan kelompok agama di Majelis Rakyat Papua (MRP) di empat Provinsi paling timur Indonesia (Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan) yang membuat sejumlah pihak saling klaim dan protes mendapat ragam tanggapan.

Diantaranya datang dari tokoh Papua, Emanuel Gobay. Menurut pendapat pribadinya seharusnya hal itu tidak dipermasalahkan, karena yang mengisi jabatan tersebut merupakan orang asli Papua, termasuk dari kelompok agama yang dipersoalkan karena masalah wilayah adat.

“Saya kira hal ini tidak perlu diperdebatkan, karena semuanya orang Papua,” katanya dalam suatu diskusi tertutup di bilangan Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat (25/8/23).

Ia menilai bahwa pengisian anggota MRP baik itu dari utusan atau kelompok perempuan, agama dan adat perlu diperkuat dengan regulasi seperti petunjuk teknis dan petunjuk arahan sehingga bisa lebih spesifik dan tidak timbulkan pro dan kontra.

“Mari kita berpikir bijak dan ikutilah aturan ataupun petunjuk yang ada,” kata Emanuel.

Sebelumnya pada suatu pertemuan di Kota Jayapura pada 8 Agustus 2023 yang menghadirkan para tokoh agama bersama Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Jhon Wempi Wetipo telah memutuskan calon anggota MRP dari wakil agama tidak dibatasi oleh wilayah adat, karena agama bersifat universal.

Keputusan itu diambil berdasarkan pertemuan beberapa waktu lalu di Kantor BPSDM Provinsi Papua, di Kota Jayapura sebagaimana dikutip dari salah atau media nasional.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here