banner 728x250

Ketua KPU Pastikan Tidak Ada Permainan Angka DPT Papua Pada Pemilu 2024

Foto Ketua KPU Provinsi Papua,Steve Dumbon
banner 120x600
banner 468x60

Jayapura, papuaterbit.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Steve Dumbon memastikan tidak ada permainan angka pemilih di Provinsi Papua pada Pemilu 2024 mendatang.

Dirinya mengatakan akan mengupayakan agar kejadian pada pemilu lima tahun lalu tidak aan terjadi pada pemilu 2024 ini.

banner 325x300

“Jika setelah pemilu ada permainan angka maka KPU akan upayakan supaya tidak terjadi seperti yang lalu, karena Pemilu kali ini kita sudah digitalisasi jadi di pakai TPS nanti akan di Plano dan akan dipasang barcode yang bisa diunduh hanya dengan mengaplikasi (aprilteks). Jadi dari TPS itu sudah bisa langsung ke KPU RI. Sehingga untuk kemungkinan kekurangan atau permainan angka di di tingkat TPS maupun di KPPS dan PPD itu memang sangat kecil walaupun surat suara itu tetap kita presentasi ada penambahan sekitar 10 persen di tiap-tiap TPS,” kata ketua KPU Papua, Steve Dumbon, Senin malam, (21/8/2023).

Stev sapaan akrab ketua KPU Papua, mengatakan, DPT sudah di tetapkan pada bulan juni 2023 lalu sehingga saat timnya sedang tersebar di 9 Kabupaten untuk mendata pekerja yang ada perusahaan- perusahaan besar untuk pemilih tambahan.

“Kita lagi sisir di calon-calon TPS-TPS khusus jadi Minggu lalu itu terutama di perusahaan-perusahaan sehingga teman-teman dari divisi data lagi turun pertama Minggu lalu itu di Lereh di perusahaan kelapa sawit lalu hari ini ada satu tim yang kita kirim dipimpin oleh koordinator divisi data kemudian turun ke daerah perusahaan di Dawai di Kabupaten Yapen untuk kita sisir lagi ulang,” ujarnya.

“Walaupun DPT nya sudah pasti tetapi untuk TPS-TPS nya di sana itu yang DPS perubahan itu yang kita namanya tambahan dan nanti kita lihat dikasih lagi sisir di perusahaan-perusahaan kan ada perubahan-perubahan jadi ada yang datang ada yang pergi seperti itu yang kita lagi lagi lakukan pendataan ulang lagi. Terutama di perusahaan-perusahaan”.

Dumbon mengatakan, DPT sudah fix pada Juni lalu di seluruh Provinsi Papua dn tidak dapat di ubah walaupun ada pemilih tambahan.

“Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah selesai dan sudah di tetapkan pada 27 Juni 2023 lalu. Jadi total DPT Papua adalah 727.835 itu DPT yang tersebar di 9 Kabupaten-Kota dan itu sudah dan sudah selesai,” tandasnya. (Celia)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *