banner 728x250

Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jayapura Permudah Peserta JKN Akses Layanan Program JKN

banner 120x600
banner 468x60

Jayapura, Papua Terbit, – Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama telah hadir di tanah Papua, lokasinya ada di Provinsi Papua, tepat berada di area Terminal Tipe A, Jalan Kelapa Dua Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Sejak diresmikan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada tanggal 19 Mei 2023, BPJS Kesehatan turut hadir secara langsung memberikan pelayanan kepada peserta JKN di MPP Jayapura.

BPJS Kesehatan Cabang Jayapura hadir di MPP Kota Jayapura sebagai bentuk komitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, mudah terjangkau, nyaman, dan aman. Hadirnya loket BPJS Kesehatan memberikan pelayanan mulai dari pendaftaran peserta baru, perubahan data, pemberian informasi, serta penanganan pengaduan peserta JKN.

banner 325x300

Deny Jermy Eka Putra Mase, selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura saat ditemui oleh Tim Jamkesnews KC Jayapura, Senin (31/07) menjelaskan bahwa menyambut positif kehadiran MPP Kota Jayapura yang dapat memberikan kemudahan peserta JKN dalam mengakses pelayanan. Menurutnya, MPP Kota Jayapura akan menjadi solusi bagi peserta JKN di wilayah kota yang memiliki cakupan kepesertaan tinggi, sehingga tidak perlu mengunjungi Kantor Cabang Jayapura yang ada di wilayah Abepura.

“Kami sangat mengapresiasi pemerintah dan menyambut MPP Kota Jayapura dengan sangat antusias. Hadirnya MPP pertama di Papua ini turut menghadirkan loket pelayanan BPJS Kesehatan sebagai bentuk perluasan penyelenggaraan terpadu pelayanan kepada peserta JKN. Pelayanan MPP akan sangat membantu masyarakat tanah Papua, khususnya masyarakat Kota Jayapura mengingat secara geograifs cakupan wilayah kerja Cabang Jayapura yang cukup luas,” ungkap Deny.

Partisipasi BPJS Kesehatan Cabang Jayapura di MPP Kota Jayapura mendapat respons positif dari Maria, peserta JKN yang datang ke MPP, Senin (31/07). Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya pelayanan BPJS Kesehatan di MPP Kota Jayapura, sehingga tidak perlu harus menempuh jarak yang cukup jauh ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jayapura yang berlokasi di Abepura.

“Pelayanan BPJS Kesehatan di MPP sangat bagus, pelayananya ramah, dan yang paling utama sangat menghemat waktu saya, karena saya tidak harus kesana kemari lagi jika hendak mengakses pelayanan, khususya seperti kasus saya yang baru pindah dari Wamena ke Jayapura yang masih belum hafal jalan”, kata Maria.

Maria menjelaskan kunjungannya ke MPP untuk mengurus kepesertaan orang tuanya yang telah memasuki masa pensiun sebagai PNS di Wamena dan hendak pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Jayapura. Informasi mengenai pelayanan MPP, Maria dapatkan dari puskesmas ketika ia berobat yang menginformasikan bahwa telah ada pelayanan BPJS Kesehatan di MPP.

“Saya tahu MPP awalnya dari puskesmas ketika saya berobat pada FKTP yang berbeda, dikarenakan saya pindah domisili. Puskesmas tempat saya berobat ketika itu menyarankan kepada saya untuk mengurus perubahan FKTP ke MPP saja yang lokasinya lebih dekat dengan Kota Jayapura. Puji tuhan, untungnya saya tetap bisa dilayani juga meskipun FKTP saya berbeda dan saya diberikan kemudahan untuk mengurus perubahan tersebut di MPP,” jelas Maria.

Maria berterima kasih kepada petugas BPJS Kesehatan di MPP yang telah melayani keperluannya dengan sangat baik. Ia mengatakan bahwa petugas di MPP juga membantu proses pendaftaran akun Aplikasi Mobile JKN agar kedepannya dalam pengurusan administrasi JKN bisa diurus secara online melalui aplikasi tersebut.

“Petugas BPJS Kesehatan di MPP sangat baik dan informatif, sama seperti pelayanan di Kantor Cabang. Petugas menjelaskan karena pada prinsipnya pelayanan di MPP sama seperti di Kantor Cabang, hanya saja pelayanan MPP sifatnya memperluas cakupan pelayanan. Selain itu, saya juga dibantu untuk proses registrasi Aplikasi Mobile JKN yang ternyata sangat lengkap fiturnya,”tutup Maria. (Redaksi)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *