BWS Papua Bersihkan Sungai Acai Di Harapkan Warga Jaga Lingkungan

0

Jayapura, Papua Terbit,– Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional ( HSN ) 2023 Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua bersama tujuh (7) balai kementrian PUPR kota Jayapura, pemerintah kota, maupun komunitas dan perguruan tinggi membersihkan aliran sungai acai,yang berlangsung di rusun Balai wilayah sungai Kamis (27/7/23).

Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua Nimbrot Rumaropen mengatakan pihaknya lebih memilih daerah aliran sungai acai yang pemukiman padat penduduk dan paling banyak sampah yang berdampak banjir.

Dikatakan, sejak tahun 2022 lalu sungai acai tersumbat sampah yang mengakibatkan banjir,di harapkan dengan bersihkan sungai maka Kualitas air sungai bisa menambah kapasitas penampungan air dan pencemaran air sungai bisa berkurang.

“Kita kerja di pinggiran sungai dengan manual libatkan masyarakat dan untuk di sungai kami pakai satu excavator untuk mengangkat sampah,” terangnya.

Nimbrot menghimbau untuk warga masyarakat kota Jayapura dan bagi warga yang tinggal di pinggiran aliran sungai untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan membuang sampah pada tempatnya jangan langsung membuang ke sumber air sungai yang berakibat banjir.

” Berkali- kali kita mengalami banjir karena masalah sampah,mari sama – sama menjaga kebersihan lingkungan sumber air sungai,”harapnya

Balai wilayah sungai mempunyai program kegiatan rutin tahunan membersihkan aliran sungai di kota Jayapura, seperti di sungai kali acai, kali siborgonyi, sungai anafre,,dan kali di dok tujuh,”kami juga libatkan komunitas peduli sungai dalam menjaga dan membersihkan sungai di kota Jayapura.,”uacpnya

Staf ahli bidang pemerintah, pembangunan dan keuangan Frederik Awarawi mengatakan
Pemerintah Kota Jayapura sangat mendukung positif terobosan dari Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua dalam penanganan banjir di aliran sungai kota Jayapura

“kita hidup bersama berada di pinggiran sungai kota Jayapura,kita harus menjaga dan merawat sungai, kalo kita tidak rawat dengan baik akan terjadi sesuatu bagi kita,”terangnya

Awarawi juga mengajak seluruh masyarakat kota Jayapura yang berada di pinggiran sungai untuk menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

” Masyarakat jangan buang sampah lagi di kali karena bisa berakibat fatal, klo hujan turun bisa terjadi banjir,”tukasnya( Epen )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here