Dinas Kesehatan Kab. Jayapura Gelar Jambore Kader Malaria

0

Sentani, Papua Terbit,– Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura 2023 ini melaksanakan Jambore Kader Malaria dengan melibatkan 350 Kader Siaga Malaria ( Siamal ) yang di ikuti oleh 139 Kampung dan 22 Puskesmas yang ada di Kabupaten Jayapura.

Kegiatan jambore tersebut berlangsung selama dua hari, dimulai dari tanggal 26 – 27 Juli 2023 bertempat di lapangan upacara Kantor Bupati Jayapura. Jambore tersebut secara langsung dibuka oleh Sekda Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., mewakili Pj Bupati Jayapura.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten
Khairul Lie, SKM. M.Kes.,
yang juga selaku Ketua Malaria Center Kabupaten Jayapura, menjelaskan, jambore kader malaria yang berlangsung memiliki tujuan dasar yaitu :
Mengevaluasi kinerja kader siamal,
Refreshing kemampuan teknis kader.

Tak hanya itu, jambore kader dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. melalui praktek baik sesama kader siamal, melakukan sosialisasi dan promosi upaya penanggulangan malaria, dan menyuguhkan hiburan kepada kader dan masyarakat sekitar.

Pada dasarnya jambore kader malaria itu sendiri berpedoman pada keputusan Menteri Kesehatan Nomor 293/Menkes/SK/IV/2009 tentang Eliminasi Malaria juga Peraturan Bupati Jayapura Nomor 44 Tahun 2017 tentang pedoman pengendalian malaria menuju eliminasi tahun 2030 di Kabupaten Jayapura.

Adapun rentetan kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari pelaksanaan jambore kader malaria yakni devile atau kirab kontingen yang melibatkan 19 Distrik 22 Puskesmas, pameran hasil kegiatan kader dikampung, cerdas cermat, tari – tarian, penampilan kelambu anti malaria raksasa, pemantapan kontingen yang melibatkan semua stakeholder, penghargaan keder malaria terbaik, Pengahargaan Pj malaria terbaik, pembagian hadia cerdas cermat dan lomba, penyerahan secara simbolis uang lelah kader siaga malaria dan serba serbi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui Pj Bupati Jayapura yang di wakili oleh Sekda Dr. Hana S. Hikoyabi, M.KP., pada sambutannya sangat mengapresiasi kerja atau gebrakan nyata kader malaria di Kampung – kampung, yang mana sejak bulan Oktober 2022 mampu menangani 47.953 kasus malaria dengan pengobatan langsung dengan pengawasan dan pendampingan dari setiap Puskesmas.

Lanjut Sekda, dengan berlangsungnya jambore tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi kader, pemahaman serta ketrampilan para kader malaria agar mampu meningkatkan pengobatan, pengendalian dan pencegahan penyakit malaria. ( Viktor )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here