Selain Dorong Pembangunan, Pangdam : Tugas TNI Operasi perang

0

Jayapura, Papua Terbit,– Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan bersama insan Pers se-Jayapura dalam acara coffee morning yang berlangsung di Aula Tonny A Rompis, Kamis(21/7/23)

Izak menyampaikan bahwa pihaknya telah berusaha membenahi diri dan profesional dalam menjalankan tugasnya untuk mendorong percepatan pembangunan di Papua.

Perlu di ketahui, Ada tiga hal yang menjadi fokus instruksi negara kepada TNI, yaitu pengamanan untuk percepatan pembangunan, pelayanan dasar kepada masyarakat berupa pendidikan dan kesehatan, serta komunikasi sosial.

Lanjut Pangemanan, dalam pelaksanaan tugas TNI mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 34 tentang TNI, yang memuat dua tugas utama, yakni Operasi Militer Perang dan Operasi Selain Perang.

Operasi Perang Terkait Pilot Susi Air

Izak mengatakan Operasi perang terkait pembebasan pilot susi air pihaknya terus melakukan langkah-langkah selamat dan kembali hidup dengan keluarganya

sementara kondisi pilot susi Air Captain Phillip Mark Merthens salah satu warga negara New Zealand disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Egianus Kogoya sejak 9 Pebruari 2023 hingga kini belum dibebaaskan dan kondisi baik baik saja

“Kondisi baik-baik saja. Kita lihat di foto orangnya tidak kurus, orangnya sehat, bajunya ganti-ganti, rapi, wajahnya tak stress. Hanya matanya. Mata bosan saja. Tak ada masalah dengan pilot ini. Egianus pun menjaganya dengan baik terus apa yang di kuatirkan. Nggak ada masalah,” terangnya

“Tentunya kita mengedepankan pemerintah daerah, karena ini kan bukan permasalahan yang harus kita selesaikan dengan operasi militer,” ucapnya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menegaskan pimpinan KKB, Egianus Kogoya, yang masih menyandera Pilot Phillip Mark Merthens tidak pernah meminta tembusan uang sebesar Rp 5 miliar.

Tembusan uang 5 Milliar yang disampaikan Egianus dalam pertemuan dengan Penjabat Bupati Nduga saat itu Namia Gwijangge.
(Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here