Pengembangan Potensi, 20 Peserta SMP-SLTA ikut Jumbara PMR-PMI Kota Jayapura

0

KLIK VIDEO DI ATAS SELENGKAPNYA

Jayapura, Papua Terbit,– Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura Rustan Saru mengatakan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR- PMI kota Jayapura sebagai pembinaan karakter dan pengembangan potensi generasi muda di port Numbay.

“jumbara yang melibatkan 20 kelompok peserta yakni 5 Peserta SMA/SMK dan 15 peserta dari tingkat SMP,” ucap Rustan saru

Jumpa bhakti gembira (Jumbara) PMR-PMI tingkat kota Jayapura yang kedua (2) tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Kota Jayapura, Evert Meraudje.yang berlangsung di Aula SMK 3 Kota Jayapura,Kamis (22/6/2023).

Rustan berharap para peserta bisa berinteraksi dan berkomunikasi, bersilahturahmi serta bertukar informasi untuk bertukar pengalaman antar sesama sekolah. Agar manfaat dan makna begitu keluar dari kegiatan Jumbara ini para siswa membawanya sebagai bekal untuk dikembangkan di sekolah masing- masing.

“agar potensi dasar mereka terus dikembangkan. Bukan hanya disini saja, tetapi juga ke sekolah dan nanti sampai adik-adik kelas, yang nanti bergantian mengikuti PMR di tingkat Wira dan Madya,”

“Kita berikan pendampingan dan pelatihan agar mereka ini bisa sejak dini sudah punya rasa empati, punya rasa tanggung jawab, punya rasa mandiri dan rasa untuk menolong sesama,”jelasnya.

Lanjutnya sebagai anak muda di sekolah sebagai kader PMR -PMI Kota Jayapura, peserta Jumbara harus memberikan dampak positif kepada kalangan anak muda, terutama di sekolah masing-masing sebagai rule mode.

Di katakan Karakter Anggota PMR-PMI adalah memiliki pola hidup bersih, suka tolong – menolong, jiwa sosialnya cukup tinggi terhadap sesama dan kemudian juga mereka bakal dipersiapkan sebagai generasi muda untuk masa depan bangsa punya potensi yang sangat baik.

“ mereka akan di gembling untuk punya sikap tanggap terhadap kemanusiaan. Terutama jika ada bencana baik itu bencana banjir, gempa serta kebakaran,”bebernya.

Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan apabila dibutuhkan relawan di tingkat SMP maupun SMA untuk mereka nantinya bertugas di lapangan agar bisa langsung sosialisasi dan praktik melalui kegiatan Jumbhara.

Selain itu juga sebagai ajang evaluasi dan introspeksi terhadap materi yang selama ini para peserta terima dari sekolah.

Dari peserta Jumbhara ini,tutur Rustan,mereka akan bergabung dengan beberapa kontingen sekolah untuk dilihat Siapa yang berprestasi, siapa yang juara dan sudah mengetahui langkah- langkah tahapan tri bhakti PMR dan juga Tujuh (7)prinsip dasar PMI dan Palang Merah Internasional.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Purnama Sinaga, menjelaskan kegiatan Jumbara berlangsung selama tiga hari. Kegiatan Jumbara ini peserta juga akan melakukan travelling.

“Jadi dalam travelling itu mereka akan diuji tentang pertolongan pertama lalu kesehatan keluarga, kesehatan remaja,”kata Purnama.

Selain itu peserta mengikuti bagaimana melakukan donor darah yang berkaitan dengan Palang Merah Indonesia. Kemudian nantinya ada penilaian administrasi sebagai anggota PMR. Ada juga kegiatan-kegiatan sarasehan penyuluhan dan sosialisasi yang berkaitan dengan atribut PMR dan ekstra kurikuler SMP di sekolah.

Kedepannya Jumbara tetap dilaksanakan oleh PMI Kota Jayapura dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah maupun pihak-pihak eksternal lainnya. Dengan melibatkan semua sekolah.

“Karena waktunya pendek, sehingga kesiapan dari beberapa sekolah yang belum ada mudah-mudahan kedepan akan lebih banyak lagi,”harap Purnama

Kepala sekolah SMK Negeri 3 Jayapura Frans Tunggul Amarta menyampaikan pihaknya bersyukur karena anak anak SMK 3 Jayapura dapat mengikuti Jumbara,mereka akan di bina karakter oleh guru guru pembimbing.

“anak anak kami yang lain juga dapat berminat bergabung bersama PMR – PMI,”ucapnya

Di tambahkan sebagai sekolah yang menjadi tuan rumah tentunya mendukung untuk anak anak belajar membangun karakter yang baik.(Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here