banner 728x250

BPJS Kesehatan Berhasil Daftarkan Seluruh Penduduk Kampung Meukisi Sebagai Peserta JKN

banner 120x600
banner 468x60

Jayapura, Papua Terbit, – Dalam rangka meningkatkan implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura melaksanakan Sosialisasi Program JKN dan Penandatanganan PKS Program Pesiar (Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi) di Kampung Meukisi, Kabupaten Jayapura.

Kegiatan Pesiar merupakan strategi yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam rangka memperluas cakupan jumlah keaktifan dan kepesertaan JKN. Melalui program ini, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk menyandingkan antara data kependudukan dan data kepesertaan JKN, yang selanjutnya akan ditindak lanjut untuk proses integrasi data kepesertaan JKN.

banner 325x300

Kegiatan Pesiar di Kampung Meukisi dilakukan dengan memberikan pemaparan kepada penduduk setempat mengenai pentingnya sinergitas antara perangkat desa, unsur masyarakat, dan BPJS Kesehatan untuk memetakan masyarakat yang belum terdaftar, serta memberikan edukasi tentang manfaat, hak, kewajiban dan prosedur mengenai program JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Jayapura, Anita Panggabean manyampaikan bahwa Kampung meukisi adalah kampung pertama yang menyelenggarakan program Pesiar untuk melakukan integrasi data kepesertaan JKN dan menjadi langkah awal BPJS Kesehatan Cabang Jayapura untuk melakukan roadshow ke kampung lainnya di seluruh Kabupaten Jayapura guna memperluas cakupan peserta JKN.

“Pelaksanaan program kegiatan Pesiar di Kampung Meiksi adalah kegiatan pertama kali yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan di Kabupaten Jayapura, yang mana setelah dilakukan integrasi data kependudukan dan kepesertaan JKN, terdapat 204 penduduk yang masih belum menjadi peserta. Sehingga, per tanggal 1 Juli 2023 nantinya seluruh penduduk di Kampung Meukisi terdaftar seluruhnya dalam kepesertaan JKN,” ungkap Anita.

Selain peran penduduk dan perangkat desa, Anita juga menjelaskan pentingnya peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) untuk mengedukasi pasien yang belum terdaftar. Oleh karena itu, Anita dan tim BPJS Kesehatan Cabang Jayapura dalam kesempatan tersebut juga berkunjung ke FKTP terdekat, yaitu Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Yokari.

“Kami juga melakukan kunjungan ke PKM Yokari, yang merupakan FKTP terdekat di Kampung Meukisi. PKM tersebut baru saja direnovasi dan baru memiliki fasilitas jaringan internet. Kami melakukan supervisi terkait implementasi transformasi mutu layanan kesehatan di PKM Yokari yang harus dilakukan dengan mudah, cepat, dan setara kepada seluruh pasien, khususnya peserta JKN,” kata Anita.

Anita mengatakan bahwa setelah dilakukan kegiatan ini, diharapkan seluruh pihak terkait dapat menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman atas pelaksanaan program JKN. Selain dukungan secara langsung dari perangkat desa, juga dibutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura untuk memastikan kecukupan penganggaran iuran PBPU Pemda, pemenuhan pembayaran iuran yang belum terealisasi, dan sinergitas BPJS Kesehatan dengan dinas terkait.

Terakhir, Anita menyampaikan bahwa selama melaksanakan kegiatan tersebut, Ia dan tim BPJS Kesehatan merasa terhormat dan bersemangat di Kampung Meukisi. Anita menceritakan pengalaman perjalanannya dari awal menuju Kampung Meukisi yang harus menempuh perjalanan darat dan air. Menurutnya, perjalanan tersebut adalah semangat Duta BPJS Kesehatan untuk bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada bangsa Indonesia, khusunya penduduk di Kabupaten Jayapura.

“Kami sangat terhormat dan bersyukur bisa hadir di Kampung Meukisi, karena perjalanan tersebut bisa dikatakan cukup jauh yang mana harus melalui perjalanan darat dan air. Perjalanan darat dari Kota Sentani – Depapre ditempuh selama kurang lebih dua jam, sedangkan perjalanan air dari Depapre ke Kampung Meukisi selama 45 menit. Perjalanan tersebut menjadi penyemangat saya dan tim untuk terus menebarkan informasi dan pengetahuan mengenai program JKN,” jelas Anita.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *