Calon Direksi PTAMJ Robongholo Nanwani Jalani Psikotes dan Bedah Kasus

0

Jayapura, Papua Terbit, – Peserta calon direksi PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK), yang di dalamnya meliputi Psikotes dan Bedah Kasus. Ketua Panitia Seleksi Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan seleksi UKK tahap pertama ini melibatkan tim psikologi yang independen, guna menguji peserta dan melihat kematangan dalam mencari solusi, serta memberikan penyelesaian untuk mencapai tujuan perusahaan.

“Fit and Proper Test atau Uji Kelayakan dan Kepatutan tahap pertama ada dua materi yang diujikan, yakni tentang Psikotes dan Bedah Kasus. Di mana peserta diuji dengan dua kasus, untuk melihat bagaimana peserta tes melihat solusi, memberikan penyelesaian untuk mencapai tujuan dari perusahaan,” kata Ketua Pansel Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM pasca UKK tahap pertama di Hotel Horison Ultima, Jumat (10/2).

Kasus yang diberikan adalah tentang sistem penyediaan air bersih di danau Sentani, yang sampai hari ini belum terealisasi. Kedua, tentang strategi direksi untuk memajukan perusahaan mengacu pada RPJMD Nasional dan Sustainable Development Goals 2030, agar seluruh wilayah pelayanan PDAM Jayapura dapat optimal. Berkaitan dengan mengurangi tingkat kehilangan air bisa yang dimaksimalkan, dan meningkatkan SDM di setiap unit kerja di PDAM Jayapura.

“Setelah UKK tahap pertama, peserta akan melanjutkan ke tahap kedua pada Sabtu (11/2), tentang penulisan makalah sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing jabatan. Untuk posisi Direktur Umum adalah aspek SDM dan keuangan, lalu Direktur Teknik adalah aspek operasional dan pelayanan air bersih. Kemudian, Direktur Utama mencakup empat aspek dari tupoksi Direktur Umum dan Direktur Teknik,” katanya.

Penulisan makalah ini untuk melihat bagaimana ide dan gagasan calon direksi dalam menuntaskan masalah, pada bisnis di perusahaan untuk mencapai tujuan agar menjadi mandiri dan prima. Seleksi UKK difasilitasi oleh tim psikologi independen dari Lembaga Papua Orbit, disaksikan Ketua Pansel Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM, Sekretaris Edi Susanto, SE, MM, Anggota Drs. Aloysius Renwarin, SH, MH, Kabag Hukum Setda Kota Jayapura Hellena Dawir, SH, MH, Kabag Hukum Setda Kabupaten Jayapura Timothius Taime, SH, Wakil Dekan FH Uniyap Dr. Najamudin Gani, SH, MSi, dan Ketua Forum Komunikasi Pelanggan Tommy Wakum. Kemudian, sambungan langsung melalui daring adalah Direktur Eksekutif Perpamsi Ir. H. Agus Sunara dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Papua Triwibowo Aji, Ak, MSi.

Peserta calon direksi yang mengikuti UKK antara lain, Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM sebagai peserta calon Direktur Utama, Syors H. Ondi, SE sebagai peserta calon Direktur Umum, dan Yan P. Nasadith, ST sebagai peserta calon Direktur Teknik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here