Peringati Hari Ibu Ke-94 DWP PKS Optimalisasi Peran perempuan Dalam politik

0

Jayapura, Papua Terbit, – Bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu Ke-94 , lebih dari dua ratus kader perempuan PKS mengikuti Pelatihan Perempuan Siaga (Latansa) yang digelar DPW PKS Papua di Pantai Kasuari Holtekamp, Jayapura pada Kamis, 22/12/2022.

Latansa merupakan kegiatan rutin PKS sebagai pembekalan sekaligus konsolidasi kader dan mengoptimalisasikan perempuan PKS dalam politik.


Dalam amanat upacara pembukaan, Dadi Waluyo, S.Pd, Sekretaris DPW PKS Papua mengatakan, kegiatan Latansa merupakan agenda tahunan dan tidak ada agenda pengganti selainnya,sehingga menjadikan Latansa merupakan hal yang wajib dan memiliki keterikatan yang kuat dalam Pembinaan PKS.

Kedua, selain sebagai agenda wajib, Latansa sebagai sarana mempersiapkan pemimpin masa depan. Baik dalam perspektif membangun generasi atau persiapan sebagai pemimpin di tingkat daerah dan Nasional. Seperti yang diketahui, keterlibatan perempuan dalam dunia politik diupayakan mencapai 30%, untuk itu Latansa ini juga diperuntukkan untuk mempersiapkan calon pemimpin daerah yang potensial baik ditingkat daerah maupun nasional.

Ketiga, Latansa merupakan kegiatan sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan, kedisiplinan dan kesabaran. Beberapa tahun lalu, kegiatan latansa dilakukan selama 3 hari berturut-turut untuk melatih ketiga hal tersebut. Namun, terlepas durasi kegiatan yang berkurang esensi melatih ketiga skill tersebut terampu dalam waktu 12 jam aktivitas lapangan.

Sementara itu Anggota DPRD Kota Jayapura Lina Marlina, ST, turut hadir juga memberikan penguatan agar perempuan PKS memperhatikan kondisi kesehatan menjaga pola hidup sehat, terus menjaga kebersihan, menjaga pola makan dalam memaksimalkan kontribusi bagi negeri.

Diakui, Lina kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi kader perempuan PKS, mereka akan mengetahui tentang apa itu politik, karena perempuan juga harus dan bisa ikut berpartisipasi, perempuan dalam dunia politik diupayakan mencapai 30%, untuk itu Latansa ini juga diperuntukkan untuk mempersiapkan calon pemimpin daerah yang potensial baik ditingkat daerah maupun nasional.

Hal lainnya ini sebagai penyemangat buat kader perempuan PKS dan terus mempersiapkan kerja-kerja jelang Pemilu 2024.

“Jadi kita konsolidasi seperti itu karena ini tingkatnya memang tingkat provinsi yang hadir itu semua ibu-ibu PKS dari beberapa kabupaten kota, yang terdekat ada dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, ada dari Wamena dan lainnya kita kumpul semua di sana untuk konsolidasi termasuk melakukan acara dengan banyak game-game,”jelasnya.

Ditambahkan kesempatan itu, juga ada penyerahan penghargaan bagi organisasi perempuan seperti Wanita Islam, Alisa Khadijah yang ikut hadir dan lainnya.(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here