Pemkab Intan Jaya Tolak Tandatangani Ijin Blok Wabu,Ada Apa?

0

Jayapura, Papua Terbit, – Pemerintah Daerah (Pemda) Intan Jaya, menolak menandatangani ijin penambangan gunung emas di Blok Wabu, yang merupakan wilayah adat Intan Jaya.

“Saya secara prinsip dan pemerintah daerah baru tetapkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebagai daerah tambang, tapi urusan perijinan kami tak pernah tandatangan sampai hari ini,” tegas Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, ketika memaparkan Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan SDM Guna Mempersiapkan Pemuda Papua yang Handal dan Berdayaguna pada Musyawarah Daerah (Musda) XIV KNPI Provinsi Papua di Grand Abe Hotel, Jayapura, Rabu (27/4/2022) lalu.

Menurutnya, Pemda Intan Jaya pada prinsipnya sedang menunggu kemauan baik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), untuk menjalin komunikasi dengan Pemkab Intan Jaya sebagai perpanjangan tangan pemerintah di daerah.

“Kami akan terima, jika pemprov Papua dan pemerintah pusat mau sosialisasi kepada masyarakat, karena manfaat dari pada pembukaan tambang itu lebih besar. Tapi kerugian juga pasti besar,” ujarnya.

“Suatu keputusan yang baik tak pernah selalu jadi putih atau memuaskan semua orang, pasti ada untung ruginya,” tuturnya.

Ia mencontohkan, Freeport di Mimika sebelum dapat ijin tambang sejumlah pihak menolaknya. Tapi kini PADnya cukup tinggi, bahkan triliunan per tahun.

“Triliun pertahun itu bisa bangun daerah, menyekolakan anak-anak dan adik-adik generasi masa depan daerah, tanpa perlu tergantung pada PAD atau dropping anggaran dari pemerintah pusat,” jelas Bupati Natalis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here