Warga Youtefa Apresiasi Kerja Tim Lintas Relawan RHP

0

Jayapura, Papua Terbit, – Usai membersihkan lumpur dan sampah di perumahan organda, kembali tim relawan Ricky Ham Pagawak (RHP) 2024 didukung delapan komunitas, yang menggelar kerja bakti membantu warga membersihkan lingkungan warga yang terdampak banjir di perumahan pasar youtefa Jumat (21/1/2022).
.
Ketua RT 7 Pasar Youtefa, Kelurahan Waimorok, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Irwan Ismail menyampaikan apresiasi atas kerja bakti yang di lakukan oleh Tim Lintas Relawan RHP for Gubernur Papua 2024 di RT 7 Youtefa, Kelurahan Waimorok, Distrik Abepura, Kota Jayapura,

“saya apresiasi dan berterima kasih kepada tim relawan RHP di RT 7 yang telah membantu warga kami bersihkan lumpur dan sampah,”ucapnya

di katakan bahwa saat musibah banjir keadaan di lokasinya sangat parah, diiringi Kali Acai yang meluap. Air naik setinggi orang dewasa sekitar 3 meter masuk ke rumah-rumah warga membawa lumpur dan sampah.

sehingga sebagian warga terpaksa mengungsi di Pos Pengungsian yang dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) di sekitar Pasar Youtefa, dan sebagiannya lagi memilih bertahan di rumah, karena rata-rata warga memiliki rumah panggung.

“jumlah warga di RT 7 berjumlah sekitar 400 lebih Kepala Keluarga (KK) dengan 1.000-an jiwa. Sebagian besar warga berprofesi sebagai pedagang,”ungkapnya

Pasca musibah banjir, tuturnya, Tim Pemkot Jayapura bersama warga membantu membersihkan lingkungan dan memeriksa kesehatan warga.

“kami atas nama seluruh warga Youtefa mengapresiasi langkah Tim Lintas Relawan RHP for Gubernur Papua 2024 membantu membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah, pasca banjir.

“Kami sangat bersyukur dan mendukung setiap langkah nyata yang dibuat Pak RHP dan kawan-kawan, untuk membantu warga Papua,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Lintas Relawan RHP for Gubernur Papua 2024, Kalvin Penggu, ST mengatakan pihaknya akan melanjutkan membantu membersihkan lingkungan dan rumah warga di lokasi yang sama pada Sabtu (22/1/2022) besok.

Oleh karena itu, terangnya, pihaknya mengajak warga meluangkan waktu sejenak bersama-sama membantu membersihkan lingkungan.

Calvin juga menghimbau Tim Lintas Relawan RHP for Gubernur Papua 2024, dan delapan komunitas yang telah dibentuk dimohon kehadirannya, untuk membantu membersihkan lingkungan.

“Kita lihat hari ini sampah menumpuk dan berserahkan di lingkungan warga. Mari kita berupaya bersama, agar lingkungan menjadi bersih dan sehat,” imbuhnya.

ia menambahkan dampak dari banjir selain pencemaran lingkungan juga muncul berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, diare, kolera, leptospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), malaria, deman berdarah dan penyakit tipes(Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here