Tim Peneliti Politeknik Pariwisata Bali Gelar FGD Bahas Kelayakan Pendirian Politekpar Papua

0

Jayapura, Papua Terbit, – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata di Provinsi Papua, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif( Kemenparekraf) RI mendelegasikan Tim peneliti politeknik pariwisata bali menggelar Focus Group Disscussion ( FGD )tahap ke 2
membahas kajian kelayakan untuk pendirian kampus Politeknik Pariwisata Papua yang berlangsung di Hotel Aston Jayapura (9/12/21)

perlu diketahui Kajian kelayakan ini di hadiri langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf RI, Bapak Faisal, MM.Par, CHE, Ketua Tim Kajian Kelayakan Pendirian Poltekpar Papua, Dr. I Ketut Surata, M.Sc. dan team peneliti. Peserta yang hadir adalah seluruh steakholder pariwisata yang ada di Papua, antara lain : Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Yimin Weya S.Pd., M.Pd., Ketua PHRI Papua, Ketua ASITA Papua, Ketua HPI Papua, Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata yang ada di Jayapura, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, dan para pemerhati pariwisata yang ada di Papua.

ketua tim peneliti Dr. Surata, M.SC mengatakan kegiatan FGD tahap 2 kelayakan pendirian Poltekpar Papua merupakan realisasi tindak lanjut dari INPRES No. 9 Tahun 2020 tentang Percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

dikatakan, hal inilah yang mendorong Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, mengambil langkah awal dengan mendelegasikan tim peneliti dari Politkenik Pariwisata Bali untuk melakukan study kelayakan di Jayapura Papua yang rencananya akan didirikan kampus Poltekpar Papua.

” kami hari ini bahas diskusi kajian kelayakan pendirian Poltekpar Papua melalui forum FGD untuk percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat,”katanya

sementara Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Provinsi Papua, Yimin Weya S.Pd., M.Pd.menegaskan bahwa kita di Provinsi Papua potensi Sumber daya alamnya melimpah namun SDM nya yang perlu di tingkatkan lebih baik lagi.

“saya harap melalui pendirian Poltekpar di Papua, masyarakat akan semakin maju dalam pendidikan khusunya di sector pariwisata dan bisa mengelola sumber daya alamnya,”harapnya

di tambahkan, dalam kajian kelayakan tersebut juga meliputi kelayakan fisik tanah dan bangunan, kelayakan manajemen, kelayakan dosen/tenaga pengajar dan kurikulum pendidikan serta hal –hal lain yang terkait dengan syarat pendirian kampus Poltekpar Papua.

selaku Kapusbang SDM Kemenparekraf RI Bapak faisal, MM.Par, CHE. menegaskan bahwa pendirian kampus Poltekpar Papua perlu di dukung penuh oleh Pemda Provinsi Papua dan komitmen seluruh lapisan masyarakat di papua termasuk steakholder pariwisata di Tanah Papua.(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here