PDAM Jayapura Raih Piagam Penghargaan Dari KIP Papua

0

Jayapura, Papua Terbit.com – PDAM Jayapura salah satu BUMD di tingkat Provinsi Papua yang telah berhasil meraih prestasi tahun 2021 dalam ajang nominasi piagam penghargaan dengan kualifikasi menuju informatif yang di selenggarakan oleh komisi informasi papua.

Dalam ajang nominasi keterbukaan informasipublik dari hasil monitoring dan evaluasi komisi informasi provinsi papua memberikan penghargaan kepada 10 kategori badan publik yang telah berhasil melakukan pelayanan dan pengelolaan informasi dan dokumentasi publik ke masyarakat.

10 kategori badan publik yaitu : pemerintah kabupaten/ kota, opd di lingkungan pemerintah provinsi papua, kementerian di tingkat provinsi papua, lembaga negara non kementerian, lembaga non struktural, bumn, bumd , partai politik, perguruan tinggi, hingga lembaga penyelenggara pemilu

Dari 10 kategori ini sebanyak 11 badan publik yang di kategorikan kualifikasi informatif yang menerima plakat dan piagam,kemudian di lanjutkan dengan 7 piagam penghargaan dalam kategori menuju informatif, sedangkan 7 piagam penghargaan yang di berikan dalam kategori cukup informatif.

Ketua komisi informasi provinsi papua wilhelmus pigai anugerahkan piagam dan penghargaan pada 42 badan publik dari 211 badan publik yang berada di papua, pihaknya akanselalu melakukan monitoring dan evaluasi setiap tahun

Direktur Utama Pdam Jayapura Dr. H Entis Sutisna,SE.,MM mengatakan pihaknya sejak 3 tahun lalu telah melakukan pembenahan tata kelola perusahaan yang akuntable dan transparan. terutama dalam menyampaikan informasi kepada publik terutama kepada pelanggan atau masyarakat dengan meluncurkan apilkasi yang terbaru

dikatakan adanya aplikasi PDAM Pintar, PDAM Info, standar operasional prosedur seperti bagaimana masyarakat mempunyai layanan sambungan baru yang berkaitan dengan penagihan rekening itu bisa di akses lewat website pdam.

“kami sangat apresiasi atas penghargaan kategori menuju informatife sebagai badan usaha publik yang transparan, hal ini menjadi motivasi dan berkomiten untuk meningkatkan pelayanan Public dalam menampilkan sisi humaanis lebih baik lagi ke depannya.

Untuk tahun 2022, kata Entis bahwa PDAM akan melakukan perubahan baik tata kelola pelayanan di service poin, jadi bagaimanapun kenyamanan masyarakat bisa mengadu lebih nyaman.

“ kami tahun 2022 akan menyiapkan service senter artinya bagaimana ada pelayanan yang terpusat untuk masyarakat lebih mudah ketika mengadu airnya mati, itu .mimipi saya di tahun 2022 kedepanya,” imbuhnya

Sementara Ketua Komisi Informasi Provinsi Papua Wilhelmus Pigai mengatakan pembagian kuisioner telah di berikan kepada 211 badan publik yang ada di Papua, tapi hanya 42 badan publik yang mengembalikan kuisioner.
Di Pemerintah Provinsi Papua, tuturnya,

lanjutdari 29 OPD masuk zona hitam, hanya ada 2 OPD yang menerima penghargaan keterbukaan informasi publik dengan kualifikasi badan publik informatif, 2 OPD kualifikasi cukup informatif dan 2 OPD kurang informatif.

“Ini menunjukan tingkat partisipasi di monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi di Papua masih sangat rendah,” jelasnya(Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here