Hipmi Kota Jayapura Berikan Dukungan Moril dan Materil Bagi Pembalap Road Race di Kota Jayapura

0

Jayapura, Papua Terbit – Ketua Umum BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Jayapura Syawaludin Sabil mengatakan sebagai bentuk dukungan dan perhatian pihaknya telah memberikan sedikit uang pembinaan kepada bakat-bakat pilihan bagi pembalap muda di Road Race Kota Jayapura yang selama ini latihan bersama (Latber) di  Buper Waena.

“kami telah memberikan dukungan secara moril dan materil pada para pembalap Road Race di Buper Waena yang bagus diberikan sedikit pembinaan supaya lebih semangat lagi,”ujarnya di kota Jayapura, Sabtu (21/8).

 Hal ini bertujuan juga supaya mereka bisa tetap eksis dan semangat dalam menyalurkan hobinya, karena potensi skill yang dimiliki pembalap muda  dalam berjibaku menunggangi kuda besi di Road Race Buper Waena sangat luar biasa.

Ketum BPC Hipmi Kota Jayapura Syawaludin Sabil, (kiri) didampingi Ketua bidang tenaga kerja, pemuda, kesehatan & olahraga yang dipimpin Rico Van Bakker, Kamis (19/8/21)

 “Kami dari Hipmi Kota Jayapura melalui Ketua bidang tenaga kerja, pemuda, kesehatan & olahraga yang dipimpin Rico Van Bakker memberikan dorongan dan semangat kepada para pembalap muda Road Race di Kota Jayapura yang selama ini terus mengasah kemampuan di Sirkuit Buper Waena, kita terus berikan dukung secara moral dan moril, walaupun masih banyak kekurangan dan saat pandemi ini mereka hanya melakukan Latihan bersama tetapi kami telah berikan perhatian dan nanti kami harap usai pandemi ini kami diizinkan bisa buat kompetisi yang lebih baik lagi sesuai administrasi yang berlaku, karena kita tahu potensi pembalap muda khususnya Road Race di Kota Jayapura sangat tinggi bahkan ada yang terkenal hingga tingkat nasional,”ungkapnya

Kata Syawal, ada potensi luar biasa dari pembalap road race Kota Jayapura jadi seharusnya dari pihak dinas terkait dan Koni bisa saling sinergi dan mau berikan perhatikan serius karena bicara soal Road Race ini adalah olahraga bergengsi dan tidak semua orang bisa namun pecintanya luar biasa. Sehingga adanya dukungan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Papua melalui Sekretaris IMI Papua Edy Djafar dan Ketua Harian IMI Papua Iqbal dan Ninoy Ajomi Kabid olahraga IMI Pengprov Papua tentu ini akan membawa angin segar bagi para pembalap muda Road Race Papua khususnya di Kota Jayapyura.

Ditempat sama, Rico mengaku, selama ini Sirkuit Road Race yang digunakan para pembalap di Buper Waena masih sirkuit dadakan dan belum sirkuit resmi Road Race.

Rico berharap nantinya ada perhatian khusus dari pemerintah untuk bisa membangun sirkuit Road Race resmi, karena saat ini sudah banyak manager pembalap yang menunggu adanya sirkuit resmi supaya mereka bisa  membuat kompetisi.

Pasalnya, jika ada kompetisi dilakukan di luar kota jayapura,ada pembalap Road Race Kota Jayapura  yang mengikuti ke sana dan ada yang menjadi juara jadi pulang tidak hanya tangan kosong tapi ada membawa gelar juara dan nama harum Kota Jayapura. 

Dan sebagai Ibu Kota Provinsi Papua Kota Jayapura seharusnya sudah memiliki sirkuit Road Race resmi sendiri, hal ini akan menambah semangat untuk bisa meningkatkan skill para pembalap secara totalitas, untuk terus memacu tunggangannya di sirkuit resmi.Termasuk para mekanik yang mengatur daya tenaga mesin untuk lebih maksimal lagi. 

 “Kami harap kompetisi Road Race juga bisa dilakukan di Kota Jayapura, potensi kita besar baik soal pembalap, mekanik maupun dukungan masyarakat dan IMI, sehingga Pemerintah dan pihak terkait lainnya juga bisa membantu kami dalam mengembangkan Road Race di buper Waena,”ucapnya.

Sementara itu, Manager pembalap dari Team Nama : Chamtex’54 Ryan Marantika mengaku, Di Kota Jayapura untuk event Road Race sudah vakum, padahal  dari dulu sampai sekarang potensi untuk pembalap lokal Road Race di Kota Jayapura banyak yang sudah bisa Go Nasional karena jam terbang mereka sudah tinggi, skillnya bagus-bagus, termasuk para mekanik tidak kalah handal dengan diluar jayapura.

Untuk itu, Rian berharap Pemerintah daerah melalui Dinas terkait, Koni, IMI  bisa memberikan dukungan secara nyata dan totalitas salah satunya bisa dibuatkan sirkuit road race resmi, sehingga jika ada sirkuit Road Race resmi maka pihak manager di Kota Jayapura bisa bersatu mendorong untuk membuat event kompetisi minimal di Tingkat Provinsi.

Diakui, jika ada sirkuit resmi road race dan dilakukan kompetisi tentu akan banyak pendapatan yang diperoleh pemerintah daerah, karena banyak pembalap akan datang ke Kota Jayapura, penjualan motor terus meningkat maka pajaknya juga semakin banyak dan masih banyak lagi manfaatnya yang bisa meningkatkan PAD kota Jayapura.(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here