Otniel Deda Usulkan Beberapa Point Untuk Gubernur Papua, Ini Penjelasannya

0

Jayapura, Papua Terbit – Sekertaris pemenangan Lukmen jilid ll, Otniel Deda yang juga mewakili aktivis pemuda Papua menyampaikan masa jabatan Gubernur Papua Lukas Enembe sisa 2 tahun kepemimpinan menjalankan roda pemerintahan

“kita patut bersyukur kepada Tuhan bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe kembali di tanah Papua dalam keadaan sehat,”kata Otniel Deda sapaan akrabnya OD
kepada awak media di kafe Kota Jayapura, Kamis (8/7/21).

Ia menyebutkan usulan beberapa poin penting yang harus diselesaikan oleh Gubernur Papua yaitu : segera memperbaiki kondisi pemerintahan dalam rangka mengurus kepentingan masyarakat Papua.

Lanjut, terkait kebijakan pemerintah pusat, berkaitan dengan vaksinasi kami meminta kepada Bapak Gubernur Papua agar melakukan koordinasi kepada dinas kesehatan provinsi Papua serta Tim satgas Covid 19 Papua beserta kabupaten, kota untuk dapat melakukan tindakan-tindakan yang berkaitan dengan Vaksin, agar tidak ada unsur-unsur pemaksaan yang berlebihan kepada masyarakat.

Selain itu, Otniel juga mengusulkan kepada Gubernur Papua untuk mengevaluasi kembali kinerja SKPD

bahkan ia meminta Gubernur Papua untuk membentuk tim rancangan UU OTSUS yang dibentuk langsung oleh Gubernur Papua yang melibatkan unsur MRP, DPRP. Bupati atau walikota se-tanah Papua dan DPRD kabupaten atau kota, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh perempuan dan akademis.

Lanjut OD, Dewan kesenian daerah sudah bekerja maksimal namun akhir-akhir ini kami melihat mengalami penurunan. Belum ada program-program yang nampak untuk melibatkan para budayawan, para seniman-seniman, serta pelaku kerajinan tangan di Papua yang menyentuh secara nampak.

“saya juga usulkan kepada Gubernur Papua segera membangun kantor staf khusus provinsi Papua dengan dasar otonomi Khusus,”tutrnya

OD juga meminta Gubernur segera Membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di 5 wilayah adat provinsi Papua agar pemuda-pemudi mendapatkan keahlian khusus.

“saya usulkan agar Gubernur segera melakukan rapat koalisi Lukmen Jilid II, “Kami mendorong kepada bapak Lukas Enembe Gubernur Papua kiranya dapat segera melakukan rapat koalisi Pemenangan LUKMEN Jilid II sesuai dengan mekanisme dan prosedur tahapan. Yang nantinya akan diparipurnakan di DPR Papua,” imbuh Ode.

ditambahkan usulan ini sangat penting agar komitmen Visi dan Misi dari Gubernur dpat terealisasi dengan baik. Sehingga tingkat kepuasan masyarakat terhadap sumber dana APBN, APBD maupun Otsus dapat berjalan maksimal.(Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here