Menjaga Ketahanan Pangan,Kapolda Pimpin Penanaman Tanaman Pangan Di Koya

0

Jayapura, Papuaterbit.com – Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.IK
memimpin langsung penanaman tanaman pangan di Spot Pertanian Kampung Binmas Noken Polresta Jayapura Kota dan Panen Raya di pekarangan pangan lestari Bhayangkari Cabang Jayapura Kota bertempat di Distrik Muaratami. Kamis (15/4)

“penanaman pangan ini untuk mengimplementasikan program kapolri yang presisi dan juga instruksi presiden,”katanya

melalui penanaman tanaman pangan ini secara tidak langsung diarahkan kembali untuk berkebun dan bertani atau bercocok tanam dalam mengembalikan stabilitas perekonomian rakyat untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saya harap apa yang kita lihat dan kerjakan saat ini dapat menjadi contoh bagi polres jajaran polda papua untuk kembali bercocok tanam dalam mengembalikan stabilitas ekonomi dan perhatian terhadap ketahanan pangan dan sumber penghasilan tambahan bagi anggota polri, “ujarnya.

Menurutnya, kampung binmas Noken ini merupakan impian saya dan kita semua untuk menjawab tantangan dalam ketahanan pangan untuk mensupport, maka rencana saya kedepannya tanah lokasi polda papua yang berada di kabupaten keerom dapat dijadikan sebagai Spot Pertanian kampung binmas noken.

“Bibit Singkong, Terong, Jagung, kacang tanah, cabe, tomat serta pohon jangka panjang seperti bibit pinang, matoa, kopi, fanilly dan kelapa hibrida,”ujarnya

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kita berdiri di Spot Pertanian Kampung Binmas Noken Polresta Jayapura Kota yang dihibahkan oleh ondoafi besar adat skouw Abisai Rollo dengan luas 5.200 M².

“Di lahan ini kita akan menanam tanaman pangan dengan jumlah kurang lebih 2.500 bibit. Sesuai dengan prioritas Kapolri yakni presiktif, responsibilitas, transparasibfan berkeadilan (Presisi) serta kebijakan Kapolda Papua dalam upaya peningkatan pelayanan kepolisian untuk hadir ditengah-tengah masyarakat, “ujarnya.

Ia pun menuturkan, hal ini dapat berlangsung karena adanya kolaborasi yang sudah berjalan selama ini karena adanya kebersamaan antara bhabinkamtibmas dan babinsa serta pemerintah daerah setempat dari muspida dan kadistrik, kapolsek, danramil bersama masyarakat kelompok tani untuk membuka lahan untuk pertanian yang nantinya akan menjadi salah satu spot untuk mendukung kampung binmas Noken Polresta Jayapura Kota.

sementara itu, Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan penanaman ini di lakukan guna membantu pemerintah guna menjaga ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional serta perekonomian rakyat kecil dimasa pandemi covid-19.

“Dengan keadaan dan situasi saat ini, maka melalui instruksi presiden RI dalam pemulihan stabilitas ekonomi di tengah-tengah masyarakat maka kita diarahkan untuk kembali berkebun dan bertani dengan harapan dapat membantu kebutuhan dapur warga masyarakat, ” pungkasnya(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here