Polres Jayapura Raih Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik

0

Jayapura, Papuaterbit.com – Pada hari Kamis tanggal 26 November 2020, Polda Papua melalui Polres Jayapura kembali meraih penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2020 dengan kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovations 2020.

Polres Jayapura dengan Aplikasi RM Papeda meraih penghargaan Outstanding Achievement of Public Service Innovations 2020 bersama dengan 4 pemenang lain diantaranya Provinsi D.I Yogyakarta dengan aplikasi Jogjaplan, Kabupaten Kulonprogo dengan aplikasi PanganKu, Kota Cimahi dengan apliasi Kawasan Cimahi Technopark dan PT Taspen dengan aplikasi Sahabat Latanro.

Acara penyerahan penghargaan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 November 2020 pukul 14.00 Wib, bertempat di Ballroom Gedung Tribrata Dharmawangsa. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dan diterima langsung oleh Kapolres Jayapura Kapolres Jayapura AKBP Dr. Vicktor Dean Mackbon SH SIK MH Msi.

Menteri Pan RB mengatakan ini merupakan hasil dari presentasi dan wawancara Top 99 dan 15 Finalis Inovasi Pelayanan Publik 2020. Mengingat pandemi Covid-19 masih melanda, tahapan wawancara dan presentasi tersebut dilakukan secara daring atau online. Tahap observasi lapangan juga ditiadakan akibat dari pandemi ini.

Para pemenang akan diikutsertakan dalam United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kapolres Jayapura mengatakan pemberian penghargaan ini sebagai motivasi kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kami akan terus meningkatkan pelayanan khususnya di wilayah hukum Polda Papua melalui aplikasi RM-Papeda.

“Aplikasi RM Papeda ini untuk menjawab tentang keluhan masyarakat akan tingginya angka gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Papua sehingga menuntut polisi bergerak cepat untuk merespon laporan masyarakat.

Untuk itu, Polda Papua melalui Polres Jayapura mensinergikan komunitas masyarakat dalam inovasi yang dinamakan Rumah Masyarakat Papua Penuh Damai (RM Papeda),”jelasnya

“Inovasi ini dibangun untuk meningkatkan komunikasi antar masyarakat, kepolisian, dan stakeholder lainnya. Keterhubungan banyak pihak itu dibangun dengan frekuensi kamtibmas yang mengintegrasikan radio Handy Talkie (HT). HT dari komunitas masyarakat itu terhubung dengan radio Polres Jayapura dan stakeholder lainnya,”ujarnya

Sejumlah instansi yang terkait dengan sistem ini diantaranya adalah Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemadam Kebakaran, dan sejumlah unit lainnya. Integrasi banyak pihak ini memungkinkan respon petugas lebih cepat. Respon ini juga disesuaikan dengan prioritas dan urgensinya masing-masing.(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here