Dalam Waktu Dekat Pemprov Papua Akan Luncurkan Data OAP

0

Jayapura, Papua terbit.com – Kepala Dinas Sosial Kependudukan Dan Perlindungan Anak Provinsi Papua, DR. Ribka Haluk, S.Sos. ME.MM, mengatakan, dalam waktu dekat, pemerintah Provinsi Papua akan meluncurkan data Orang Asli Papua dari 29 Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua.

“Jumlah penduduk Orang Asli Papua sampai hari ini orang belum rampung, kita tidak bisa membuktuilan, siapa orangnya. Tapi kami sudah bekerja keras hari ini sudah siap dan ready, dan nanti akan diluncurkan oleh Wakil Gubernur Provinsi Papua untuk seluruh data penduduk Orang Asli Papua, di 29 Kabupaten dan Kota,” kata Ribka Haluk, di Jayapura, Senin, (13/7/2020)

Ribka menyampaikan, data OAP yang akan di luncurkan ini sudah valid dengan menggunakan data Sistem Adimistrasi Informasi Kependudukan Nasional, yang telah disetujui dan di duiung oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

“Jadi waktunya nanti kita akan atur, supaya nanti peluncuran data Orang Asli Papua ini sudah benar-benar memang sudah valid, data yang tidak anomali lagi, data yang sudah dibersihkan, kita menggunakan data SAIKN (Sistem Adimistrasi Informasi Kependudukan Nasional), jadi kita sudah bisa tahu hari ini,” ujarnya.

“Dengan data orang asli Papua ini, misalnya contoh kebijakan kesehatan proteksi untuk BPJS dan seterusnya, itu sudah bisa dapat Siapa orang asli Papua. Misalnya untuk pendidikan juga sudah bisa. Dan kita sudah uji coba dengan BANGGA Papua dan sudah berhasil, karena itu sudah diapresiasi oleh KPK, dan mereka sudah memberikan dukungan kepada kita supaya dilanjutkan,” tuturnya.

Dirinya mengungkapkan, dari data ini akan bermanfaat bagi perencana pembangunan bagi Orang Asli Papua.

“Sehingga data Orang Asli Papua akan benar-benar bermanfaat, untuk para perencana pembangunan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, yang di situ sudah jelas kelihatan siapa namanya, orangnya, tempat tinggalnya, rumahnya di mana pekerjaannya apa, ptofesinya apa, ada yang bekerja tidak sekolah, biasanya ada pembantu ibu rumah tangga, dan jumlah anakpun semua sudah ada sudah lengka,” ungkapnya.

“Jadi mungkin dalam waktu dekat ini sudah kita sudah luncurkan. Nanti Pak Wakil Gubernur Provinsi Papua akan meluncurkan data orang asli Papua,” tutupnya. (Cel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here