Cegah Covid-19,Bpjs Kesehatan Alihkan Layanan ke Sistem Digital

0

Jayapura, Papuaterbit.com – Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, terdapat beberapa perubahan pada alur pelayanan serta pengalihan beberapa pelayanan administrasi di kantor cabang BPJS Kesehatan, termasuk di BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, dengan mengalihkan layanan menggunakan sistem aplikasi via kanal digital atau online.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura Djamal Adriansyah menyampaikan, bagi peserta yang hendak mengurus administrasi ke kantor cabang atau kantor kabupaten, kini tak perlu ke luar rumah lagi karena dapat mengakses layanan JKN-KIS via kanal digital atau online seperti BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan aplikasi Mobile JKN.


“Selain itu, saat ini BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan Chat Assistant JKN (Chika) dan Voice Interactive JKN (Vika). Jadi peserta JKN-KIS tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mengakses layanan administrasi karena sudah terakomodir lewat layanan digital,” katanya, Senin (06/04).


Ia menambahkan, menu layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan aplikasi Mobile JKN sudah sangat lengkap. Peserta dapat mengaksesnya di mana pun dan kapan pun karena dapat diakses 24 jam. Mulai dari pendaftaran peserta, pindah fasilitas kesehatan, perubahan data, penyampaian keluhan, semuanya dapat diakses dengan mudah. Untuk layanan yang lebih sederhana seperti cek status kepesertaan dan cek tagihan, peserta bisa mengakses via chat dengan Chiika melalui Whatsapp ke 0811-8750-400 atau via Facebook Messenger ke akun resmi BPJS Kesehatan RI serta Telegram.


“Nanti akan direspon oleh artificial intelligence (AI) bot. Sementara VIKA merupakan pelayanan informasi melalui mesin penjawab untuk mengecek status tagihan maupun mengajukan pertanyaan atau pengaduan terkait program JKN-KIS melalui 1500 400,” ujarnya.
Yuli (48), salah satu peserta JKN-KIS dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), mengatakan dirinya dilayani dengan baik oleh security. Ia juga memperoleh penjelasan mengenai layanan yang bisa diperoleh melalui Chika dan Vika. Menurutnya, keberadaan kedua alternatif layanan tersebut sangatlah membantu.
“Saya mengapresiasi pelayanan dari BPJS Kesehatan, atas upaya yang dilakukan untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS di tengah maraknya penyebaran virus corona ini. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di brosur tersebut, saya rasa sudah jelas, jadi saya merasa aman tidak perlu kontak muka langsung dengan petugas BPJS Kesehatan karena bisa saya lakukan di rumah,” ujarnya (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here