Terapkan Social Distancing, Bpjs Kesehatan Jayapura Tetap Berikan Layanan Prima

0
BPJS Kesehatan Cabang Jayapura saat Menerapkan Layanan Social Distancing Kepada Peserta JKN -KIS/Selasa( 24/3/20)

Jayapura,Papuaterbit.com- Bpjs kesehatan Cabang Jayapura  menerapkan social distancing sebagai bentuk upaya pencegahan agar ada jarak dan tidak kontak langsung dengan peserta JKN-KIS dengan memberikan jarak dengan tanda silang sebagai bagian yang harus dikosongkan oleh setiap peserta yang mengantri dan duduk menunggu antrean layanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari berkumpulnya peserta serta jarak antar setiap orang.

“Dalam rilisnya Kepada wartawan Papuaterbit.com bahwa selain itu juga sudah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan pada sarana dan prasarana yang ada di kantor cabang demi terhindar dari risiko penyebaran virus corona ini. Kami juga sudah menyediakan berbagai langkah pencegahan seperti penyediaan masker untuk pelayanan, hand sanitizer, tissue basah pada setiap titik-titik layanan dan ruangan agar kebersihan tetap terjaga,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura Djamal Adriansyah, Selasa (24/03).

Ia menjelaskan berhubungan dengan penyesuaian layanan terbatas selama masa pencegahan virus corona melalui kontak langsung dengan peserta, BPJS Kesehatan juga mengalihkan beberapa pelayanan yang biasa dilakukan di kantor cabang, ke BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

“Peserta juga bisa mengakses kami melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat digunakan di mana pun peserta berada dengan memastikan adanya jaringan internet. Selama masih bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, peserta tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan. Cukup di rumah saja untuk mendapatkan pelayanan,” ujar Djamal.

Sesuai dengan anjuran pemerintah, untuk menerapkan social distancing dalam pelayanan terhadap peserta yaitu dengan mengatur jarak antar peserta pada ruang tunggu dengan jarak kurang lebih 2 meter, serta memasang iimbauan di area publik sebagai bentuk edukasi kepada peserta JKN-KIS yang datang ke kantor.

Langkah ini pun mendapat apresiasi dari peserta JKN-KIS yang berkunjung, Ev Marice. Peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN) ini mengatakan bahwa kebijakan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan sangat tepat dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Dengan adanya social distancing, justru saya merasa tenang dan aman dengan adanya kebijakan ini. Saya juga diminta untuk cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang sudah tersedia, serta kursi tunggu pengunjung pun diberi jarak setiap orang agar tidak berdekatan antara satu dengan yang lainnya. Yang paling penting, pelayanan yang diberikan oleh petugas pun tidak terlalu lama, semuanya cepat dilayani,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here