Kabid Humas Polda Papua: Kami Masih Lakukan Pendekatan Persuasif Untuk bubarkan Kerumunan Massa

0

Jayapura, Papuaterbit.com – Guna menindaklanjuti anjuran pemerintah dan maklumat Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid -19, Kepolisian Daerah Papua menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengindari perkumpulan massa, Senin(23/3/20)

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan Polri bersama TNI akan membubarkan masyarakat yang masih berkerumun. Polri akan menindak masyarakat yang tidak mengindahkan imbauan Pemerintah bekerja dari rumah dan menjaga jarak (social distancing).

Apalagi sekarang ini Kepolisian Daerah Papua mengedepankan berupaya melakukan pendekatan persuasif humanis untuk menyampaikan kalimat-kalimat/himbauan kepada masyarakat yang masih berkumpul. Upaya Polri membubarkan kerumunan ini menindaklanjuti Maklumat Kapolri nomor Mak/2/III/2020 tertanggal 19 Maret 2020. Maklumat ini diterbitkan menyusul semakin cepatnya penyebaran penularan Covid-19 di Indonesia.

“Kami juga telah bekerja sama dengan instansi terkait untuk menutup sementara tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian seperti yang telah dilakukan di depan Kantor Gubernur Provinsi Papua. Kami juga akan melakukan hal tersebut ditempat-tempat yang dianggap sebagai tempat yang dianggap sebagai tempat kumpul-kumpul baik itu pagi, siang maupun malam hari,”ujar

Langkah tersebut akan dilakukan guna memberikan perlindungan terhadap masyarakat secara umum. Dimana pemerintah pusat maupun daerah baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam mencegah penyebaran serta penanganan wabah Corona Virus (Covid 19).

apabila masih ada masyarakat membandel, tidak mengindahkan perintah personil yang bertugas untuk kepentingan bangsa dan negara, kami akan proses hukum dengan Pasal 212 dan Pasal 216 serta 218 KUHP,” tegas Kombes Pol. Kamal (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here