Sertijab dari Kadis Perumahan dan Pemukiman Kepada Kadis PUPR

0
58
Sertijab Lama Perumahan Dan pemukiman Daud Ngabalin Kepada Dinas PUPR Baru Gerius One Yoman

Jayapura, Papuaterbit.com – 2 bulan setelah dilantik oleh Gubernur Papua Lukas enembe, SIP, MH, beberapa pejabat menduduki jabatan baru, salah satunya, Gerius One Yoman, S,Pd, MPD, sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Papua, dengan menggabungkan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman setelah perampingan jabatan.

Serahterima memori jabatan dari Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, DRS. Daud Ngabalin, SH, kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provimsi Papua, Gerius One Yoman, S,Pd, MPD. Sertijab ini disaksikan langsung, Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Papua, Doren Wakerkwa, juga Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Papua, Yohanis Walilo.

Penggabungan satu dinas ini harus bangun koordinasi, kekuatan untuk pekerjaan yang di programkan kepala dinas.

“Maka mereka gabung satu dinas dan membangun satu koordinasi yang bagus, bangun satu kekuatan yang bagus, untuk untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan yang diprogramkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum yang baru,”ujarnya

Oleh sebab itu Dinas PU yang gabung sekarang adalah dinas perumahan dan kawasan permukiman ini masuk dalam pelayanan dasar

“ya sekarang kepala dinas pekerjaan umum bisa memprogreskan semua itu terkait dengan kepentingan masyarakat, infrastruktur dan pemukiman masyarakat,” kata, Doren Wakerkwa, SH, usai menyaksikan serahterima jabatan kepala Dinas perumahan dan Pemukiman Provinsi Papua di serahkan kepada kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan di, Aula Dinas PUPR Provinsi Papua, Senin, (2/3/2020).

Setelah adanya perampingan maka pekerjaan yang di bebankan sedikit berat yang dilakukan oleh kepala dinas pekerjaan umum Provinsi Papua,”Kami sudah sampaikan bahwa semua Kepala Bidang yaitu, eselon 3, 4 mendukung Kepala Dinas PUPR, maka semua pekerjaan di 29 Kabupaten-Kota ini bisa terselesaikan dengan baik,” ungkap Asisten I, Doren.

Dalam mengerjakan pekerjaan yang berat ini harus lebih gila.

“Dalam menjalankan kegiatan infrastruktur ini harus memang orangnya agak kegila-gilaan artinya, Segala sesuatu harus dia jalan tidak bisa menunggu waktu, tidak bisa menunggu komando, tapi untuk melakukan pekerjaa di Papua ini untuk menurunkan gunung-gunung, menurunkan tanah-tanah yang tinggi, memotong hutan di kiri kanan, bagaimana kita lakukan laut ini menjadi dua bagian, ini harus orang yang gila-gilaan, yang harus duduk di dinas pekerjaan umum,” papar Doren.

“Oleh sebab itu Gubernur memberikan kepercayaan kepada kepala dinas pekerjaan umum sekarang dan besok melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan infrastruktur Perumahan ini terus penataan kawasan beliau laksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada,” tutur Doren.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Provinsi Papua, Gerius One Yoman, S,Pd, MPD mengatakan, walaupun ini beban berat, namun kami melaksanakan tugas sesuai tupoksi.

“Jadi gabung di PU menjadi Kabid Perumahan dan kawasan permukiman. Kami salah satu Kabid itu menjadi 3 kasubag atau kepala seksi ini bergabung maka Pasukan bertambah artinya ASN bertambah Oleh karena itu kami Dinas PU PR memang merasa beban besar dalam hal ini pegawai bertambah tapi itu tidak mengapa karena kami melaksanakan tugas sesuai tupoksinya jadi otomatis jabatan perumahan itu sudah sistem dan teknisnya tetap melekat Oleh karena itu program-program dan pembangunan ke depan sesuai dengan mekanisme akan dijalankan kan dengan tupoksi yang jelas,” kata Gerius.

Di tempat yang sama, Mantan Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Papua, DRS. Daud Ngabalin, SH, memaparkan, dalam tugas dan tanggungjawab yang percayakan Gubernur selama dua rahun berjalan sudah menjalankan program dengan mencapai target pembangunan 13 ribu lebih unit rumah bagi masyarakat di seluruh Provinsi Papua.

“Selama menjabat dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 kemudian terjadi restrukturisasi dan dinas perumahan kawasan permukiman dan Pertanahan itu kemudian bergabung dengan dinas pekerjaan umum dan dan Permukiman , saya bangga bisa membantu pa gubernur dan mencapai target dalam RPJMD 2013-2017 dimana pak gubernur menyampaikan bahwa di akhir tahun 2017 itu perumahan di Provinsi Papua bisa terealisasi sebesar 13.000 unit rumah. Dan alhamdulillah puji tuhan di tahun 2017, itu sudah mencapai 13687 unit rumah, yang tersebar di 28 kabupaten dan 1 kota. Di tambah lagi pada tahun 2018, maka capaian prestasi itu sudah mencapai 13820 unit. Itu sebuah kinerja yang luar biasa ya dalam membantu pak gubernur dan ternyata sudah melampaui target yang ditetapkan dalam RPJMD itu,” papar, Ngabalin.

“Dan Sudah barang tentu bahwa kinerja ini bisa tercapai di bantu oleh seluruh teman-teman bidang, staf dan dan doa yang terus-menerus. Saya juga berterima kasih kepada kepala dinas pekerjaan umum yang begitu welcome untuk bisa menerima seluruh pegawai berjumlah 78 orang untuk bergabung menjadi satu keluarga didalam dinas pekerjaan umum penataan ruang Perumahan dan kawasan permukiman,” pungkas Ngabalin. (celia/Ket)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here