Biayai 81 Jiwa, Basznas Papua Bekerjasama Dengan BPJS Kesehatan

0

Jayapura, Papuaterbit.com – Badan Amil Zakat(Baznas) Provinsi Papua tengah menjalin kerja sama dengan Bpjs Kesehatan Jayapura dalam pembiayaan iuran peserta JKN-KIS yang tidak mampu

“Pihak Baznas menanggung Peserta JKN-KIS yang mempunyai tunggakan iuran di Kota Jayapura. Peserta yang akan mendapat bantuan donasi yaitu peserta yang tidak mampu membayar iuran dengan jumlah peserta yang didaftarkan sebanyak 81 jiwa, untuk iuran sebesar Rp42.000 per jiwa dan hak rawat inap di kelas III,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura Djamal Adriansyah.

Di katakan,Program JKN-KIS merupakan salah satu program yang manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat dan terus dikembangkan agar tetap dapat berjalan dengan optimal.

BPJS Kesehatan dan Baznas menyerahkan Kartu JKN-KIS secara simbolis yang diserahkan langsung kepada peserta yang dibayarkan iurannya, yang dilaksanakan di Aula LPTQ Provinsi Papua Kotaraja-Jayapura, Jumat (21/02).

Untuk itu kata Djamal bahwa Baznas sendiri merupakan lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional, dan merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Apalagi melalui kerjasama yang terjalin antara BPJS Kesehatan dan Baznas di tahun 2020 yang bersifat crowdfunding (donasi) ini, bertujuan agar dana zakat yang dikumpulkan dan dikelola oleh Baznas dapat disalurkan guna pembayaran tunggakan iuran JKN-KIS untuk masyarakat tidak mampu dan menjadi bentuk kepedulian masyarakat untuk saling membantu dan bergotong royong dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS.

Program Donasi JKN-KIS merupakan wujud dari prinsip gotong royong dan keterlibatan individu, Lembaga, atau Badan Usaha sebagai bagian dari nasionalisme terhadap kehadiran program negara dan kepedulian kepada sesama demi terwujudnya Indonesia yang lebih sehat.

Ia berharap malalui program Donasi ini dapat membantu lebih banyak masyarakat dan mendapat respons baik dari publik sehingga peserta yang dibayarkan iurannya tersebut bisa segera menikmati layanan kesehatan yang sangat mereka perlukan.

“Tentu kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Provinsi Papua dan para Muzakki dan seluruh pihak yang sudah mempercayakan kepada Baznas dalam mengelola dan menyalurkan dana zakat, infak dan sedekah untuk disalurkan sesuai ketentuan dan tepat sasaran serta bermanfaat.

Salah satunya menyalurkan dananya melalui pembayaran tunggakan iuran peserta JKN-KIS kelas III yang tidak mampu membayarkan tunggakan diwilayah Papua,” tutup Ketua Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi Papua, Merza Edy Nadzari.(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here