Walkot BTM: Kunci Menjadi Pemimpin Adalah Disiplin dan Belajar

0
37

Jayapura, Papuaterbit.com – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan kunci menjadi seorang pemimpin adalah disiplin dan belajar.

“Setiap orang ada talenta yang Tuhan berikan. Gunakanlah talenta dan bakat itu dengan baik,” ujar Tomi Mano saat memberikan sambutan dalam acara Youth Leadership Forum di Sentani Purnama Resto, Yoka, Distrik Heram, Sabtu (7/2/2020).

Selain disiplin dan belajar kunci menjadi seorang pemimpin, Wali Kota Tomi berpesan kepada 100 orang peserta dari pelajar tingkat SMP, SMA, SMK, yang mengikuti kegiatan selama tiga hari tersebut mengatakan harus takut Tuhan, rendah hati, dan mengasihi semua orang.

“Saya harapkan anak-anak ini bisa menjadi pemimpin di masa depan. Perubahan itu dimulai dari sendiri. Kalau sudah jadi pemimpin maka lakukan komunikasi, koordinasi, dan komitmen karena itu sangat penting,” jelas Tomi Mano.

Menurut Tomi Mano, Youth Leadership Forum adalah program pembelajaran dan pelatihan kepemimpinan hikmat bijaksana dan berkelanjutan, yang bernilai sosial, ekonomi, dan lingkungan yang sangat baik dilaksanakan.

“Saya harapkan anak-anak Indonesia yang lahir di Papua bisa menjadi pemimpin. Saya amati ada 80 persen anak-anak Orang Asli Papua (OAP) ambil bagian dalam pelatihan kepemimpinan ini,”jelas Tomi Mano.

Pendiri Yayasan Lima Sila, Komarudin Watubun mengatakan semua manusia dilahirkan sebagai pemimpin.

“Pemimpin itu harus dimulai dari diri sendiri baru bisa mengatur hal-hal yang besar. Bergaul dengan orang salah, maka dia pasti menyesel. Maka itu bergaulan dengan benar,” ujar Komarudin.

Menurut Komarudin, pemimpin menetukan jaya dan tidaknya sebuah bangsa sehingga pembelajaran dan pelatihan kepemimpinan harus dimulai dari usia muda.

Komarudin menjelaskan, program Youth Leadership Forum mengutamakan pelatihan leadership, logika, etika, estetika, wawasan kebengsaan, intelijen daya saing.

“Program-program ini hendak dilaksanakan juga mulai 2020 ini di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Komarudin. (Rmh/Ket).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here