Kadispen Sohilait: Tugas TNI Bela Negara, Di Kampung Mengajar Hanya Praktek Saat Tidak Ada Guru

0
13

Jayapura, Papuaterbit.com- Terkait dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sedang mengajar di sekolah pada setiap jenjang studi di daerah pegunungan Papua.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Lukas Kristian Sohilait, ST.,M.SI pihaknya tidak melakukan sinergi dengan TNI-Polri pun, meskipun secara praktek mereka sedang mengajar di Kampung-kampung.

“Tidak ada masalah orang trauma ketika bicara Tentara dengan Polisi. Apakah TNI punya tugas dengan pemerintah hanya mengajar, tidak, karena Setiap 17 Agustus kita perlu Tentara dan Polisi untuk melatih kita. 17 Agustus. Jadi jangan hanya lihat semata-mata hanya mengajar,”katanya kepada wartawan,Senin(3/2/20)

Mereka yang tulis surat itu, apakah dia guru yang malas ada tinggal di Kota. Kita lagi obrak-abrik pendidikan sehingga akan kejar mereka semua yang merusak pendidikan di Papua. Tidak boleh mereka main-main. Sedangkan yang prestasi baik, kita akan kasi apresiasi,” tegas Sohilait.

Tutur Sohilait, tidak ada masalah, karena semua orang punya hak untuk menyampaikan aspirasi di media. Mengingat, sudah bertahun-tahun kondisi ini sedang terjadi, dimana Polisi danTentara sedang membantu mengajar di sekolah, namun tidak ada yang komentar, bahkan wartawanpun tidak menulisnya di media.

“Ketika saya masuk, saya melihat kondisi ini bahwa ini tugas formal itu ada di kami. Ingat itu, mereka membantu kami di tugas-tugas non formal, seperti latihan PBB, mencuci tangan, gunting kuku, hidup sehat, bela negara, itu tugas-tugas mereka,” tutur Sohilait.

Sohilait mengatakan, akan mendata para guru yang tidak melakukan pekerjaan dengan baik akan di pecat dan diberhentikan secara paksa.

“Jadi saya kasi tau mereka guru yang sedang tinggal-tinggal di rumah, kalian sekarang harus hati-hati. Dalam waktu dekat kami akan ada data untuk pecat dan berhentikan guru-guru yang malas selama ini di tempat tugas,” tandas Sohilait. (clw/ket)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here