Bpjs Kesehatan Paparkan Manfaat Program JKN -KIS Di Lapas Kelas IIA Abepura

0
57

Jayapura, Papuaterbit.com – BPJS Kesehatan Cabang Jayapura melaksanakan sosialisasi program JKN-KIS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Abepura, Kota Jayapura. Sosialisasi diikuti oleh seluruh warga binaan dan staf di lapas setempat.

“Tujuan dilakukannya sosialisasi ini, kami ingin memastikan seluruh warga binaan lapas memahami hak dan kewajiban serta regulasi terbaru terkait program JKN,” ujar Irawati Lita, staf Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Jayapura.  

Pemaparan materi yang disampaikan bukan hanya tentang hak dan kewajiban, tetapi banyak informasi terbaru seperti, BPJS SATU! (Siap membantu), Praktis (Penurunan Kelas tidak sulit), BPJS Jemput Bola dan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan yaitu salah satunya terkait dengan aplikasi Mobile JKN, serta regulasi terbaru tentang Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019.

Lanjut Ira, terkait dengan Petugas BPJS SATU! adalah Pegawai BPJS Kesehatan yang bertugas untuk memberikan informasi dan pengaduan bagi pasien di rumah sakit. Petugas BPJS SATU! ini akan sangat mudah di temui karena berkeliling dan memakai rompi kuning untuk memastikan pasien telah terinformasi terkait pelayanan bagi peserta khususnya di rumah sakit.

Untuk program Praktis (Penurunan Kelas Tidak Sulit), Kesempatan untuk perubahan atau penurunan kelas perawatan dapat turun dua tingkat, seperti peserta yang sebelumnya terdaftar dalam Kelas I kemudian menghendaki turun di Kelas III dan diberikan kesempatan satu kali dalam periode sejak 9 Desember 2019 hingga 30 April 2020.

Sedangkan BPJS Jemput Bola adalah layanan menggunakan Mobile Customer Service (MCS) yang hadir di tengah masyarakat untuk memberi pelayanan kepesertaan JKN-KIS, dan berbeda dengan aplikasi Mobile JKN, dimana peserta dapat mengurus administrasi tanpa harus ke kantor, cukup dengan mendownload aplikasi di smartphone dan dapat menikmati manfaatnya, mulai dari perubahan data, penyampaian keluhan, perubahan faskes, bahkan pengambilan nomor antrian di Faskes dan masih banyak manfaat lainnya, semua ada dalam genggaman.

Tidak lupa disampaikan terkait dengan Perpres 75 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan tersebut disinyalir akan memberikan dampak positif terhadap Program JKN-KIS agar dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sementara itu salah satu petugas Lapas Narkotika Kelas IIA, Tanggang mengucapkan terimakasih sudah melakukan sosialisasi karena BPJS Kesehatan ini sangat membantu sekali bagi masyarakat khususnya warga binaan I Lapas ini.

“Apa yang disampaikan oleh petugas BPJS Kesehatan cukup jelas dan peserta sosialisasipun antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan semua sudah terjawabm,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here