Bpjs Kesehatan Layani Antrean Elektronik Peserta JKN-KIS

0
45

Jayapura, Papuaterbit.com – Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat BPJS Kesehatan, Agung Putu Darma dan Kepala Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah beserta jajarannya melakukan supervisi di salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Supervisi dilakukan untuk memastikan implementasi antrean elektronik di Puskesmas Sentani Kabupaten Jayapura.
Kepastian dan kemudahan layanan kepada peserta selalu menjadi yang utama di BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS.

Untuk itu, BPJS Kesehatan bersama mitra pemberi pelayanan selalu bersinergi dan melakukan inovasi layanan untuk mempermudah peserta. Salah satunya dengan melakukan sinergi sistem antrean elektronik di fasilitas kesehatan dan Aplikasi Mobile JKN.

“Tujuan dilakukannya supervisi implementasi sistem antrean elektronik ini yaitu untuk memastikan jalannya sistem aplikasi tanpa adanya kendala dan peserta JKN-KIS merasa puas,” ujar Djamal.

Di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Jayapura sendiri terdapat beberapa FKTP yang sudah menerapkan sistem antrean elektronik ini, salah satunya adalah Puskesmas Kotaraja, Puskesmas Waena, Puskesmas Sentani dan Puskesmas Timika. Untuk FKTP lainnya akan menyusul. 

“Sistem ini merupakan solusi paling efektif untuk mengurangi jumlah antrean di fasilitas kesehatan”,tambah Djamal.

Untuk dapat menggunakan fasilitas sistem antrean elektronik ini caranya sangat mudah, pertama peserta JKN-KIS terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui  Play Store untuk smartphone berbasis android atau melalui App Store untuk smartphone berbasis iOS.

Kemudian peserta JKN-KIS diharuskan untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu, setelah proses registrasi dilakukan, peserta dapat menggunakan fitur antrean elektronik dengan mengakses menu fitur pelayanan kemudian klik pendaftaran pelayanan.

Peserta dapat memilih poli yang akan dituju kemudian memasukkan keluhan yang dirasakan dan klik daftar pelayanan. Nomor antrean akan muncul beserta dengan nomor antrean pasien yang saat ini sedang dilayani, sehingga peserta JKN-KIS dapat memprediksi kapan waktu akan mendapatkan pelayanan.

Kepala Puskesmas Sentani, drg. Adi Kurniawan, menyampaikan bahwa antrean elektronik Mobile JKN sangat bermanfaat tidak hanya untuk pasien tetapi untuk petugas di Faskes pun juga sangat bermanfaat, apalagi dapat digunakan oleh semua masyarakat sekalipun bukan peserta JKN-KIS. Masyarakat juga diberikan kepastian akan antriannya karena dapat memonitor antrean secara langsung melalui smartphone. 

“Tugas ke depan Puskesmas harus bisa memanfaatkan sistem ini dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian yang tujuannya agar mempercepat alur antrean dan mempermudah pasien dalam mendapatkan pelayanan,” tutupnya.(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here