Bpjs Kesehatan Sosialisasi Program Jkn-Kis Ke Badan Usaha

0
142

Mimika, Papuaterbit.com – Dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban peserta JKN-KIS untuk mendapatkan informasi terkait prosedur pelayanan, BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Mimika melaksanakan kegiatan sosialisasi program JKN-KIS ke Badan Usaha. Kali ini sosialisasi dilakukan di PT. Strukturindo Tifatama, Mimika, Kamis (30/01).


Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Mimika, Susan G Gaspersz, mengatakan bahwa BPJS Kesehatan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memudahkan peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) agar semakin mudah dalam memanfaatkan JKN-KIS yang diperoleh dari perusahaannya. 

dikatakan, salah satunya adalah kemudahan peserta dalam mengurus administrasi kepesertaan yang tidak perlu lagi dilakukan ke Kantor Cabang atau Kantor Kabupaten, hanya cukup dilakukan dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN.


“Aplikasi Mobile JKN harus dimiliki oleh seluruh peserta JKN-KIS karena manfaat dan kemudahan yang diberikan aplikasi ini sangat banyak sekali, diantaranya informasi peserta dapat mengecek status kepesertaan, mengganti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), melakukan skrining riwayat kesehatan online,”ujarnya

bahkan menampilkan kartu KIS Digital yang bisa langsung digunakan di fasilitas kesehatan tanpa perlu membawa kartu JKN-KIS fisik. Ada juga penambahan fitur terbaru terkait ketersediaan tempat tidur di Fasilitas Kesehatan, jadwal tindakan operasi, obat yang ditanggung

“kami siapkan antrean elektronik yang dapat diambil nomor antreannya melalui Mobile JKN tanpa harus antri ke Fasilitas Kesehatan serta masih banyak lagi kemudahan yang disediakan di aplikasi mobile JKN ini,” ujar Susan.


Susan juga menambahkan selain dengan Mobile JKN, telah diimplementasikan juga di beberapa rumah sakit penggunaan sistem finger print bagi pasien hemodialisa atau cuci darah sehingga tidak perlu lagi untuk bolak balik FKTP tempat terdaftar untuk memperbaharui surat rujukan selama tiga bulan, karena dengan diadakannya sistem finger print  riwayat pasien sudah terekam di sistem.


Surya Darma merupakan salah satu karyawan merasa senang dengan adanya sosialisasi dari BPJS Kesehatan yang telah memenuhi undangan dari perusahaan.


“Terima kasih BPJS Kesehatan sudah memberikan banyak informasi terbaru yaitu tentang aplikasi Mobile JKN, karena kami rasa sangat penting pekerja yang lain juga tahu bagaimana pentingnya Program JKN KIS dan bagaimana prosedur pelayanannya, berharap sosialisasi ini bisa di jadwalkan 2 kali dalam 1 tahun,” tutupnya.


Sebelum mengakhiri kegiatan sosialisasi, disampaikan bahwa selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur pelayanan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah, maka tidak akan ada hambatan dan peserta dapat merasakan manfaatnya dengan baik.(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here