Persiapan PON XX, Wagub Klemen :Orang Papua Siapkan Asesoris

0
140

Jayapura, Papuaterbit.com – Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di provinsi Papua yang tinggal 9 bulan lagi, pemperintah Provinsi Papua telah melakukan persiapan dengan baik dan luar biasa.

“Sekarang yang paling penting adalah orang-orang di Papua harus bisa mengambil manfaat dari acara ini, karena yang akan datang, atlit,official ada 12 ribu, belum yang pendukung dan lain sebagainya,”kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM, di Gedung Negara dok V Jayapura, Kamis, (23/1/2020)

di katakan dana 4,8 triliun yang dibutuhkan untuk pelaksanaan PON, Menpora telah membantu dengan 500 milyar, dan dari APBD pemprov Papua dengan 2 triliun, dan sisa 2,3 triliun dibantu oleh Presiden dan semua Kementrian.

“Persiapan PON bagus luar biasa, kemarin kita rapat dengan Presiden, semua sudah bagus semua, Presiden juga semangat akan membantu supaya semuanya berjalan baik, karena kita butuh uang sekitar 4,8 Triliun, untuk penyelenggaraan dalam sisa waktu yang singkat ini. Dari Menpora sudah kasi 500 Milyar, kemudian dari provinsi Papua sendiri sudah 2 Triliun, seperti yabg sudah di kumpul di APBD, tinggal 2,3 Triliun, kemarin Presiden sudah setujui,” kata

Akomodasi dan pelaksanaan di beberapa daerah siap, sehingga sudah over kapasitas.

“Soal akomidasi, dari pelaksanaan PON pun sudah tidak ada masalah. Cuma 88 hotel dibutuhkan di Merauke. Kalau untuk Timika, Jayapura, baik Kabupaten maupun Kota, malah kita over kapasitas.
Oke, sekarang kalau ditanya over kapasitas dorang tinggal dimana, di hotel sampai dengan rumah. Rumah, itu akan digunakan untuk atlit PON, tapi dengan standar KONI bahwa walaupun dia tinggal di rumah, standar pelayanannya harus bintang tiga. Dan ini sudah kita siapkan semua. Jadi akomodasi, konsumsi, dan lain sebagainya semua sudah oke,” ujar Wagub Papua, Klemen

“Ini satu iven yang luarbiasa, bukan hanya untuk orang di Papua, ini Olahraga Nasional, negara punya, kebetulan kita tuan rumah. Sehingga kami meminta supaya pembukaan dan penutupan yang kemarin dilakukan di Asean Games atau Iven Organizer untuk menghandel semua pembukaan supaya meriah dan berkualitas, dan sudah disetujui. Yang ditangani dibawah pimpinan Oka Sapta, kemarin juga ikut rapat dan mereka akan turun untuk memastikan semua berjalan dengan baik,” tutur Wagub Klemen.

Dengan iven besar di Papua, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Papua.

Supaya kelebihan-kelebihan yang kita miliki, barang apapun yang bisa jadi sovenir, kita siapkan supaya yang datang ke Papua bisa pulang bawa ole-ole, tapi ada uang juga yang kita dapat untuk ibu rumah tangga dan lain sebagainya,” tandas Wagub Klemen. (clw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here