Di Sinyalir Virus Corona,Dinkes Papua Lakukan Siaga Di RSUD Jayapura

0

Jayapura, Papuaterbit.com – virus corona yang telah menyebar ke Indonesia di sinyalir telah memasuki Sorong Provinsi Papua Barat, maka Pemerintah Provinsi Papua melalui dinas kesehatan provinsi Papua, telah melakukan siaga di Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura, jika ditemukan ada pasien yang terjangkit virus corona.

“Kami di rumah sakit Jayapura sudah siaga dan siapkan tempat isolasi khusus, kalau memang ada tanda-tanda itu dan tim dokter juga kami sudah siapkan, oleh bagian pelayanan medis, dan saya akan cek hari ini untuk persiapan semua, sehingga kalau terjadi apa-apa kita tidak kelabakan,” tegas Direktur RSUD Jayapura Drg. Aloisius Giyai, M.Kes, usai mengikuti apel gabungan di halaman kantor Gubernur, Senin, (27/1/20)

dokter Giyai himbau masyarakat kota Jayapura jika ditemukan ada gejala-gejala menuju virus corona, maka segera di laporkan kepada rumah sakit-rumah sakit regional.

“Jadi sudah dikirim pemeriksaan lab Apakah positif atau tidak tapi dari gejala-gejala lidiknya itu dicurigai karena dia demam, panas, loyo-loyo, seperti mereka yang terjangkit virus corona di china. Jadi kalau ada tanda-tanda virus corona seperti batuk-batuk mendadak, demam, seperti tanda-tanda paru-paru,

Lanjut Giyai jika di temukan gejala seperti itu maka segera lapor kepada KKP pelabuhan, KKP Bandara, KKP perbatasan, maupun pada rumah sakit-rumah sakit terdekat terutama rumah sakit regional seperti Biak, Wamena, Nabire, Merauke, Abepura, Yowari dan rumah sakit Jayapura tentunya,”

Untuk mengantisipasi virus corona ini, dinas kesehatan provinsi papus segera akan ada koordinasi dengan KKP pelabulan laut, KKP Bandara dan KKP Perbatan.

“Ya akan ada koordinasi dengan pihak bandara, pelabuhan dan perbatasan dalam waktu dekat ini. Hari ini dan besok kami akan pertemuan khusus dengan KKP Bandara, pelabuhan, perbatasan semua, tentu kami libatkan dinas perbatasan. Segera akan dirapatkan, dikoordinasikan, dikomunikasikan mekanisme kerja, emergenci kalau terjadi, tangkap darurat,” papar dokter gigi Giyai.

Menurut informasi virus corona disebabkan dari binatang, binatang kelelawar. Kemungkinan orang China suka makan kelelawar,sehingga penyebab virus ini hingga saat ini belum di umumkan resmi,” tandas dokter gigi Aloisius Giyai. (clw/ket)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here