Bpjs kesehatan Pastikan FKTP Gunakan Antrean Elektronik

0

Jayapura,Papuaterbit.com – Sistem antrean elektronik merupakan salah satu manfaat yang diberikan melalui aplikasi Mobile JKN yaitu kemudahan untuk mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Di samping itu aplikasi Mobile JKN juga memberikan banyak manfaat lainnya seperti kemudahan untuk mendaftar dan merubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta serta keluarga, kemudahan melakukan pembayaran iuran peserta, serta kemudahan menyampaikan keluhan, pertanyaan dan jawaban.

Untuk dapat menggunakan fasilitas sistem antrean elektronik ini caranya sangat mudah, pertama peserta JKN-KIS terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui  Play Store untuk smartphone berbasis android atau melalui App Store untuk smartphone berbasis iOS. Kemudian peserta JKN-KIS diharuskan untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu, setelah proses registrasi dilakukan, peserta dapat menggunakan fitur antrean elektronik dengan mengakses menu fitur pelayanan kemudian klik pendaftaran pelayanan.

Peserta dapat memilih poli yang akan dituju kemudian memasukkan keluhan yang dirasakan dan klik daftar pelayanan. Nomor antrean akan muncul beserta dengan nomor antrean pasien yang saat ini sedang dilayani, sehingga peserta JKN-KIS dapat memprediksi kapan waktu akan mendapatkan pelayanan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah bersama Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, Yuni Kendek serta Asisten Deputi Bidang Monev kedeputian wilayah Papua dan Papua Barat, Ario Pambudi, melakukan supervisi implementasi antrean elektronik FKTP di Puskesmas Kotaraja, Kamis (23/01)

Djamal bersama tim memastikan kembali kelancaran dari sistem antrean elektronik di Puskesmas Kotaraja.

“Tujuan dilakukannya supervisi implementasi sistem antrean elektronik ini yaitu untuk memastikan jalannya sistem aplikasi tanpa adanya kendala dan peserta JKN-KIS merasa puas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kotaraja dr. Titis mengatakan bahwa masih ada peserta yang antre di Puskesmas dan kami juga selalu memberikan sosialisasi kembali kepada peserta yang datang berobat ke Puskesmas bahwa peserta dapat mengambil antrean secara elektronik lewat aplikasi Mobile JKN.
“Semoga sistem antrean elektronik ini dapat berjalan lancar sehingga peserta tidak menunggu lama di Puskesmas jika berobat, hanya melalui handphone sudah sampai antrean berapa dapat dilihat,” harapnya(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here