Bpjs Kesehatan Lakukan Evaluasi Pengawasan Dan Pemeriksaan Kepatuhan

0
53

Jayapura, Papuaterbit.com – BPJS kesehatan Cabang Jayapura melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan terhadap badan usaha (BU) yang dilakukan di Tahun 2019, Rabu (22/01).

“BPJS Kesehatan mengapresiasi mitra kerja atas dukungannya dalam menegakan kepatuhan pemberi kerja untuk mendaftarkan pekerja serta keluarganya, karena Program JKN-KIS ini kaitannya dengan ketenagakerjaan khususnya non penyelenggara negara adalah merupakan wujud dukungan atau sinergi dari para stakeholder terkait,” ujarnya.

Djamal juga menyampaikan beberapa pengembangan yang sudah dilakukan oleh BPJS Kesehatan yaitu pengambilan nomor antrian dapat dilakukan lewat ponsel langsung melalui aplikasi Mobile JKN dan sudah secara otomatis nomor antrian terbaru di Fasilitas Kesehatan. Ini adalah bentuk inovasi dari BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan bagi peserta  dengan melihat kondisi yang ada dilapangan. Bahkan di rumah sakit juga sudah menggunakan sistem finger print, dimana pasien cuci darah yang datang berobat cukup menempelkan jempol ke alat pemindai finger print sudah dapat dilayani karena data sudah terekam di sistem.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Papua, Melkyanus Bosawer mengatakan dengan dilakukannya evaluasi ini ingin mengetahui sampai sejauh mana pengawasan yang dilakukan teman-teman pengawas baik dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota selama tahun 2019 dan nanti akan di evaluasi kembali di tahun 2020.

“Tugas pengawas melakukan pembinaan kepada Badan Usaha yang belum melaksanakan kewajibannya untuk mendaftarkan Badan Usaha serta karyawan dan anggota keluarganya untuk ikut dalam Program JKN-KIS ini,” tegasnya.

“Diharapkan di tahun 2020 ini kita bisa meningkatkan kepatuhan BU dengan melakukan pembinaan kepada BU yang masih belum mematuhi kewajibannya,” tambahnya.
Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Anita Panggabean memaparkan terkait dengan hasil pemeriksaan lapangan selama tahun 2019 yang dilakukan oleh pengawas ketenagakerjaan baik ditingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Total Badan Usaha di wilayah kerja Kantor Cabang Jayapura yang membawahi 9 Kabupaten/kKta sampai dengan Januari 2020 sebanyak 1.553 BU,” tutupnya.(Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here