Anggota Komisoner KPU Ikuti Pelatihan Mental Karakter Pemilu 2020

0

Sentani, Papuaterbit.com – pelatihan leadership training yang di ikuti oleh Komisioner KPU dari 11 kabupaten dalam melaksanakan Pilkada serentak di Provinsi P tahun 2020 berlangsung di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua, Theodorus Kossay, mengatakan bagian dari persiapan KPU untuk menghadapi Pilkada serentak tahun 2020. Dengan pelatihan ini, maka komisioner KPU di masing-masing kabupaten diharapkan tidak mengulang kembali kesalahan yang terjdai pada Pemilu 2019 lalu.

“ Ini adalah persiapan kita menyambut Pilkada tahun depan, supaya jangan lagi pengalaman buruk Pemilu 2019 ini terulang lagi di tahun 2020,” katanya Senin (9/12) sore.

Ia menjelaskan,pelatihan ini juga mendorong komisioner KPU di daerah untuk melaksanakan tahapan Pilkada dengan baik dan sesuai dengan aturan.

“ Jadi pesan moral yang ingin kita sampaikan adalah komisioner KPU harus jujur sejak melaksanakan tahapan awal, memberikan rasa aman kepada masyarakat dan juga peserta pilkada. Etika, moral dan prinsip kemanusian itu harus menjadi utama,” ungkapnya.

Apalagi dalam pelaksanaan pemilu serentak di 11 kabupaten provinsi papua akan berlangsung panas mengingat dendam atau kekecewaan dalam pemilu sebelumnya masih ada di masyarakat, sehingga ia meminta komisioner harus siap menghadapi hal tersebut.

“ Disini mental dan karakter pelaksana pilkada diuji, sehingga komisioner KPU dituntut untuk menjunjung tinggi aturan sehingga dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat maupun kepada peserta pilkada,” ujarnya.

Dirinya juga meminta komisioner KPU di 11 kabupaten untuk merefleksikan diri untuk membantu saling membantu, sehingga mampu bersama-sama membangun Papua sesuai dengan tema yang diusung “ Aku berubah, KPU berubah dan Papua berubah “.

Adapun 11 kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak di Papua, yakni, Kabupaten Keerom, Memberamo Raya, Supiori, Waropen, Nabire, Yalimo, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Boven Digoel, Merauke dan Asmat( Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here