Di Era Keterbukaan Notaris Harus Berperan Aktif Dalam Meningkatkan SDM Di Papua.

0

Jayapura, Papuaterbit.com – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang dibacakan Asisten Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Musa”Ad mengatakan, notaris yang sudah mendapatkan lisensi oleh pemerintah harus bekerja dengan profesional.

“Di era keterbukaan peran nitaris sangatlah penting dalam meningkatkan sumber daya manusia di Papua,” kata Musa”Ad, saat membuka konfrensi wilayah Ikatan Notaris Indonsia provinsi Papua, di Jayapura, Sabtu, (16/11/19)

Ungkap Musa “Ad, saat ini adalah era transparansi, sehingga tidak ada sekat antar bangsa.

“Dewasa ini kita berada pada era transparansi dan keterbukaan yang tidak mengenal sekat dan batas antar bangsa yang mendorong terjadinya persaingan hidup kedepan menjadi semakin ketat dan tajam,” ungkap Musa “Ad.

“Oleh karena itu, menurut hemat saya salah satu kunci paling tepat untuk menjawab tantangan ketatnya persaingan hidup itu di provinsi ini adalah dengan terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Termasuk di lingkungan profesi Ikatan Notaris agar kelak dapat merubah hidupnya nya harus maju Mandiri dan sejahtera sejalan dengan Papua bangkit Mandiri dan sejahtera yang berkeadilan,” papar Musa.

“Sesuai undang-undang nomor 30 tahun 2004 tentang jabatan notaris yang merupakan organisasi profesi jabatan notaris berbentuk perkumpulan yang berbadan hukum dan ketentuan mengenai tujuan Tugas, wewenang, dan tata kerja serta, susunan organisasi tersebut ditetapkan dalam Anggaran Sasar Anggaran Rumah Tangga dan peraturan perkumpulan perkumpulan,” kata Musa lagi.

“Konferensi wilayah adalah rapat para anggota dari segenap daerah perkumpulan dalam yang bersangkutan yang dilaksanakan secara langsung sebagaimana diatur dalam Anggaran Rumah Tangga, dan dilaksanakan setiap 3 tahun sekali terkait dengan pemilihan ketua pengurus wilayah, untuk melaksanakan tugas secara profesional seorang notaris harus memiliki kemampuan teknik yang dapat diandalkan,” ujar Musa “Ad.

“Selaras dengan kebijakan pembangunan yang menempatkan selaras dengan kebijakan pembangunan yang menempatkan pengembangan SDM untuk membantu masyarakat dalam hal kekurangpahaman tentang hal-hal masyarakat dalam mendapatkan dokumen yang sah,” tutur Musa.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan selamat dan bangga kepada saudara-saudara peserta konferensi INI tahun 2019 adalah lulusan yang memiliki kemampuan dan profesional,” tutup Musa. (Clw/Ket)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here