Mandenas-Bupati Harus Kaderisasi OAP Dalam Partai Politik

0
88

Jayapura, Papuaterbit.com – Dalam menyiasati otsus yang akan berakhir dua tahun mendatang, berbagai pertanyaan datang dari semua kalangan, dari kelas atas sampai kelas akar rumput, berapa banyak hak bagi Orang Asli Papua untuk mengatur daerahnya sendiri, dalam hal ini kepala daerah, mulai dari Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota harus Orang Asli Papua.


anggota komisi I DPR RI Yan Mandenas, mengatakan permintaan regulasi dari legislatif di Papua, maka harus kembali kepada Para Bupati untuk melakukan kaderisasi dari sekarang untuk 5 tahun kedepan.

“Saya minta para bupati harus melakukan proses kaderisasi dari sekarang untuk 5 tahun kedepan,” kata anggota komisi I DPR RI, Mandenas, usai mengikuti kunjungan kerja Komisi I DPR RI, di Jayapura, Jumat, (8/11/19)

Kaderisasi itu penting kata Mandenas, jika permintaan bagi kekhususan untuk OAP sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah harus ada persiapan sedini mungkin, sehingga pemilu nanti 2024, OAP bisa disitribusikan dalam semua partai.

“Supaya nanti Pemilu 2024 orang asli Papua didistribusikan semua partai.
Jadi pertanyaan saya, kalau sekarang masyarakat menuntut bahwa kehadiran OAP tidak ada persentase di DPRD. Pertanyaan saya, selama ini kepala daerah itu ngapain, tugas kepala daerah sebagai pembina politik mendistribusikan kader-kader terbaik yang adalah orang asli Papua untuk masuk di semua partai,” tukas Mandenas.

“Kemudian pada saat nanti Pemilu 2024 dorong mereka masukkan mereka hadirkan sebagai pemenang di setiap partai dan setiap Dapil sehingga mereka duduk mendominasi kursi-kursi di DPRD Kabupaten.

Sekarang pertanyannya berapa Bupati orang asli Papua sekarang kalau masyarakat menuntut siapa yang salah, kembali kepada pemimpin di daerah masing-masing,” pangkas Mandenas,”(Clw/Ket)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here