Dinsos Kota Jayapura Gelar Pelatihan Pembinaan Bagi LKS dan Pekerja Sosial Untuk Anak Terlantar OAP

0

Jayapura, Papuaterbit.com – Dinas Sosial Kota Jayapura, menggelar pembinaan bagi Lembaga Kesehateraan Sosial (LKS) dan Pekerja Sosial pada kegiatan pelatihan ketrampilan dan praktek belajar kerja bagi anak-anak terlantar Orang Asli Papua (OAP), yang akan berlangsung dari 7-8 November 2019.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura Nurjainudin Konu, mengatakan pelatihan ketrampilan ini butuh penanganan yang serius dan jangan lakukan secara setengah-setengah sehingga tidak mengenai sasaran karena harus bekerja sama dengan mitra sosial.

Tentu Pemerintah Kota Jayapura akan menjalani secara bertahap dan penanganan seperti ini harus dilakukan.

“Anak-anak ini kan ada dari 28 Kabupaten yang ada di Papua dan itu dapat diukur seperti itu. Instansi terkait juga dalam pelatihan-pelatihan dan ketrampilan bagi anak putus sekolah bekerja sama dengan lembaga-lembaga sosial yang ada di Kota Jayapura,” ujar Nurjainudin Konu usai membuka kegiatan pelatihan kepada wartawan, Kamis, (07/11/19).

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Irawadi mengatakan pelatihan ini dengan lembaga yang menaungi ditingkat lembaganya untuk kemudian melakukan pembinaan kepada mereka.

“Kita punya data sudah ada dengan jumlah 146 anak terlantar termasuk anak-anak aibon, cuma anak-anak ini kan ada yang sudah tidak punya orang tua ada yang orang tuanya masih ada tapi mereka tidak diperhatikan,” kata Irawadi.

Lanjut kadis Sosial irawadi, ada anak-anak yang tidak mau kembali ke rumah mereka, sehingga mereka secara berkelompok lebih senang, ada yang cari waktu pergi untuk menghirup lem aibon.

“Kita harapkan dengan adanya kegiatan ketrampilan ini dan seterusnya mereka tidak lagi menghisap lem aibon dan sebagainya,” ungkapnya.

masih ada anak-anak plus orang tuanya yang masih ada orang tuanya yang sudah tidak punya orang tua, mungkin keluarganya.

sementara Amoye Pekey salah pekerja sosial mengatakan dengan kegiatan ini anak-anak ini di harapkan mereka bisa kembali ke rumah masing-masing berkumpul dengan keluarganya (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here