7 Distrik Dapat Pelatihan Pemandu Wisata Dari Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura

0

Sentani, Papuaterbit.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu bagi 7 Distrik, di Kabupaten Jayapura, Senin (4/11/19).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo Mengatakan, Pelatihan Pemandu wisata bukan hanya untuk persiapan PON xx tahun 2020 Tetapi bagaimana bisa mempunyai kelanjutan untuk menjadi pemandu wisata yang profesional, karena pemandu wisata ini sebagai Garda terdepan untuk pariwisata.

“Pariwisata itu bisa maju karena mereka akan menjelaskan kepada wisatawan tentang hal-hal yang ada di suatu tempat, atau satu destinasi sehingga kita perlu merekrut pemandu wisata yang di pilih dari masyarakat asli, karena mereka tahu tempat di kabupaten,”katanya.

Sementara yang ikut dalam pelatihan sebanyak 20 Orang dari 7 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura, Sehingga bagi pemandu wisata nantinya dapat bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan ke jayapura, serta ikut menciptakan lapangan kerja bagi pencari kerja.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kepada para peserta agar menjadi pramuwisata dari 7 Distrik, Distrik Sentani Distrik Depapre, Distrik Yokari, Distrik Demta, Distrik Sentani Timur, Distrik Waibu, dan Distrik Sentani Barat, sehingga masing masing dalam pengembangan pariwisata di kabupaten jayapura,”imbuhnya.

Sementara Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, potensi periwisata ini bisa dapat berkembang di kabupaten jayapura, yang terlibat dalam pelatihan ini, dapat membesarkan pariwisata di kabupaten jayapura.

“Saat ini memang pariwisata di kabupaten jayapura belum tersentuh dengan baik, untuk itu pelatihan ini untuk membicarakan dan diskusikan kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan Potensi pariwisata di kampung,”katanya.

Selain itu kampung juga harus bertangung jawab dengan potensi yang ada di kampung.”Seperti di Raja Ampat Sorong, kepala kampung yang fokus di pariwisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan di kampung,”tandasnya ( Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here