banner 728x250

Pertumbuhan Ekonomi Hijau Di Provinsi Papua Masih Melihat Alam Papua

banner 120x600
banner 468x60

Jayapura, Papuaterbit.com- Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Sekda Provinsi Papua, Muhammad Musa”Ad, menyampaikan, penghidupan masyarakat Asli Papua masih tertuju pada alam di Papua.

“Bentang alam Papua menyimpan sumber daya alam yang sangat besar dan rumah bagi berbagai ekosistem serta keanekaragaman hayati yang tak ternilai harganya,”kata Asisten Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Sekda Provinsi Papua, Muhammad Musa “Ad, di Jayapura dalam sambutan Gubernur Papua,,Kamis, (24/10/19).

banner 325x300

dikatakan, alam Papua merupakan modal dasar penghidupan masyarakat khususnya untuk orang asli Papua, dan juga merupakan pilar penting dalam pembangunan ekonomi daerah

” jika sewajarnya sampai hari ini perekonomian papua sebagian besar bersandar pada ekstraksi sumber daya alam berupa kayu, produk pertanian, produk perikanan, hasil tambang dan beberapa sumber lainnya.

Oleh sebab aktivitas pembangunan yang terlalu menitikberatkan pada ekstraksi sumber daya alam ini mulai memperlihatkan berbagai dampak negatif perlu diwaspadai dan mencari solusi yang tepat dan menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan,” katanya.

“Rencana induk dan peta jalan pertumbuhan ekonomi hijau ini nantinya, sejumlah strategi dan bentuk intervensi, dan mampu untuk mengakomodir beberapa target pembangunan berkelanjutan Provinsi Papua

Pembangunan berkelanjutan antara lain, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, pertumbuhan inklusif yang merata, ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan, ekosistem yang sehat dan produktif memberikan jasa-jasa lingkungan dan, pengurangan emisi gas rumah kaca.

“Sangatlah tidak mungkin pertumbuhan ekonomi hijau ini dapat berjalan dengan baik tanpa adanya usaha dan upaya yang optimal, serta komitmen dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait,

“Rencana induk dan peta jalan ini diharapkan dapat menterjemahkan visi dan misi pemerintah provinsi Papua secara konkrit dan sistematis ke dalam rencana pembangunan daerah melalui kesamaan paham bersama dalam Pembangunan Daerah dan pengembangan daerah.

Melalui kesamaan paham dalam pengembangan perencanaan yang dilaksanakan, baik pada tingkat provinsi maupun tingkat kota/ kabupaten sesuai dengan konteks lokal,” lanjutnya.

“Untuk itu, kata Mus’Ad lokakarya ini dapat menghasilkan pemahaman bersama dan peran serta aktif dari seluruh peserta lokakarya dalam memberikan masukan input dan saran yang membangun

ditambahkan, dalam memperkaya konsep dan strategi pertumbuhan ekonomi hijau Provinsi Papua dan mewujudkan cita-cita bersama dalam mewujudkan yang berkeadilan dan berkelanjutan di Papua,” pungkasnya. (clw/ket)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *