Tak Jelas, Pemprov Papua Pertanyakan Hasil Tes CPNS Formasi 2018 Kepada MenPAN RB

0

Jayapura,Papuaterbit.com – Hasil Penerimaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2018 hingga saat ini belum ada kejelasan oleh kemenpan RB.

Apalagi hasil tes seleksi CPNS tersebut belum diketahui sejauh mana proses pemeriksaannya oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN RB) belum memberikan jawaban hingga saat ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicolaus Wenda, disela-sela pertemuan dengan TPAD Provinsi Papua bersama Gubernur dan Sekda Papua di salah satu hotel di kota Jayapura, Jumat, (4/10/2019)

” Ya masalah pengumuman hasil seleksi CPNS formasi 2018 sampai dengan hari ini kami sedang menunggu jawaban dari Men-PAN RB dan BKN, jadi kami juga belum tahu sejauh mana proses pemeriksaan hasil seleksi CPNS formasi 2018 ini. Apakah sudah selesai atau belum ya itu dari pusat dalam hal ini MenPAN RB belum memberikan jawaban sampai hari ini,” kata Nicolaus.

Tutur Wenda, Pemprov Papua sendir telah menanyakan kepada MenPAN RB untuk hasil tes CPNS tersebut namun belum memberikan jawaban pasti terkait hasil tes tersebut. Namun ada komentar dari Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IX Papua bahwa akhir bulan oktober iniakan diumumkan jasil tes CPNS formasi 2018.

” Apakah itu benar atau tidak kami belum tahu. Apakah dari pusat juga tak menyampaikan kepastian pengumuman hasil seleksi CPNS formasi 2018 padahal Provinsi sudah berulangkali menanyakan alasan mereka apa.kami menanyakan kepada MenPAN RB namun tak pernah memberikan respon.

Jadi semua sedang menunggu kepastiaannnya namun tak pernah memberikan jawaban yang pasti kapan akan mengumumkan hasil seleksi CPNS formasi 2018 itu.

“kemarin kita baca komentar dari Kepala BKN Regional IX Papua menyampaikan bahwa akhir bulan ini akan pengumuman hasil seleksi CPNS formasi 2018,” tutur Wenda.

Terang Wenda, seperti informasi akan di buka penerimaan CPNS formasi 2019 untuk bulan Oktober ini, namun ada pengunduran karena alasan keamanan, dan akan diundur hingga November 2019.

” Kalau untuk penerimaan CPNS formasi 2019 kemarin bilangnya akhir September 2019, kata dia, informasi yang lalu bahwa akan dibuka penerimaan CPNS formasi 2019 pada bulan Oktober 2019 namun ini akan terjadi pengunduran waktu. Kemungkinan November 2019. Jadi kami belum mengetahuinya. Penerimaan CPNS formasi 2019 diundur karena faktor keamanan. Pengunduran ini karena alasan dari pusat kami tak jelas juga. Tapi kami Pemprov Papua ya hasil CPNS formasi 2018 belum diumumkan Papua dan Papua Barat,” terang Wenda.

Ujar Wenda, kuota penerimaan CPNS formasi 2019 belum ditetapkan dari MenPAN RB dan BKN, tetapi dari provinsi sudah lengusulkan 500 kuota. Sedangkan Kabupaten/Kota masih menunggu penetapan dari MenPAN RB.

Kuota untuk penerimaan CPNS fornasi 2019 berapa Pak, sementara kan belum ditetapkan oleh MenPAN RB dan BKN masing masing Kabupaten/Kota dan Provinsi sudah mengusulkan kesana dan oleh MenPAN RB belum berikan penetapannya masing masing,” ujar Wenda.

Lanjut Wenda, walaupun kuota tes CPNS formasi 2019 sudah diusulkan untuk perovinsi Papua, namun masih menunggu jawaban dari MenPAN RB berapa kuota yang akan ditetapkan.

” kami sudah usulkan bersama Kabupaten/Kota. Jadi kita usulkan nanti oleh MenPAN RB akan menetapkan kuota masing- masing apakah sesuai dengan usulan kami atau berkurang. Sementara yang diusulkan kira-kira 500-an CPNS. Untuk Provinsi Papua saja. Tapi secara keseluruhan belum tahu. Kita akan ketahui setelah penetapan,” tukas Wenda. (clw/Ket)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here