Dinsos Aceh Alhudri : Pengungsi Aceh Tak Pulang Kampung

0

Sentani, Papuaterbit.com – Kepala Dinas Sosial Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Alhudri, mengatakan para pengungsi yang berasal dari Aceh di Wamena untuk tidak meninggalkan bumi Papua. Menurutnya, Aceh (Sabang) dan Papua (Merauke) adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami menyarankan, agar tidak diajak pulang kampung ke Aceh, tetapi kalau mereka (warga) berisi keras, maka itu hak mereka,” ucapnya kepada wartawan di Bandara Sentani, Jumat (4/10).

Alhudri,, melihat banyak warga masyarakat Aceh yang ada di Papua, khususnya di Wamena masih ingin tinggal di Papua. Dinsos Aceh sendiri ke Wamena, untuk melihat langsung kondisi warga masyarakat yang masih berada di Wamena, sambil berdiskusi dengan mereka secara langsung.

“Kita akan ke sana melihat langsung kondisi warga Aceh di Wamena, sambil berdiskusi dengan mereka. Setelah itu, baru kita akan pikirkan bagaimana bantuan dan solusi penyelesaian masalah yang mereka alami di sana,”katanya.

Alhudri, menjelaskan bahwa dengan adanya peristiwa ini banyak sekali rakyat yang rugi, karena kehilangan sanak saudara, tempat tinggal, usaha perekonomian mereka, dan berbagai hal lainnya. Oleh karena itu, kerusuhan yang terjadi di Wamena harus segera diperbaiki, sehingga kehidupan masyarakat bisa kembali normal seperti biasanya.

pihaknya akan berdiskusi dengan warga masyarakat Aceh di Wamena, untuk mengetahui keinginan mereka. Karena mau tinggal di Papua juga boleh dan kalau mau pulang juga boleh saja. Karena antara Aceh dan Papua merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Prinsip kami apapun yang terjadi di sini (Papua) merupakan tanggung jawab pemerintah setempat. Begitupun misalnya jika terjadi di Aceh, maka masyarakat yang ada di sana merupakan tanggung jawab kami,”pungkasnya( Redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here