Begini Cara Menangani Proses Evakuasi Korban Laka Lantas Kepada Masyarakat

0

Jayapura. Papuaterbit.com – Dit Lantas Bersama Kabid Dokkes memberikan Materi Kedokteran Lalu Lintas kepada Personil Dit Lantas Polda Papua dan Masyarakat cara menangani poses evakuasi Terjadinya lakalantas. Berlangsung di Aula Rastra Samara Polda Papua dan Halaman Kantor Gubernur,Sabtu ( 21/9/19 )

Hadir dalam kegiatan tersebut Kombes Pol Drs. Supriyadi, M.Si (Dir Lantas Polda Papua) dan Kombes Pol drg. Agustinus Mulyanto Hardi. T (Kabid Dokkes Polda Papua) yang diikuti oleh Personil Polda Papua dan Kasat Lantas Jajaran Polda Papua.

Kabiddokkes Polda Papua Kombes Pol drg. Agustinus Mulyanto Hardi. T  memaparkan materi pengantar terkait Kedokteran Lalu Lintas berdasarkan Peraturan Kapolri No 12 Tahun 2011 dengan beberapa poin antara lain, Pengertian Kedokteran Lalulintas sampai kepada Ketentuannya. Dimana Ketentuan yang tidak boleh kita lupakan yakni setiap dokter harus memiliki rekomendasi dari DOKPOL. Dimana saya juga mengingatkan terkait komitmen saudara dalam bentuk pelaksanaannya, untuk mampu saling mengingatkan sehingga mengacu kepada Perkap tersebut.

Lanjutnya,oleh Ipda Dr. Leonard Philippus ,juga mempresentasikan teori terkait PPGD dengan beberapa poin yakni sistematika Pertolongan Pertama yakni, Jangan Panik, Jauhkan Korban Dari Kemungkinan Kecelakaan Selanjutnya, Perhatikan Pernafasan dan Denyut Jantung Korban, Perhatikan Tanda-tanda Ahok, Jangan Memindahkan Korban Dengan Terburu-buru, Segera Transportasikan Korban ke Sentral Pengobatan

Usai pembekalan oleh Kabid Dokkes Polda Papua kepada Personil Dit Lantas Polda Papua dilanjutkan dengan Pemberian Materi dan Edukasi di Kantor Gubernur Provinsi Papua tentang Proses Evakuasi pada saat terjadi Laka Lantas kepada masyarakat yang sedang melaksanakan Car Free Day oleh Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol Drs. Supriyadi, M.Si.

Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol Drs. Supriyadi, M.Si mengatakan Untuk hari ini kita melaksanakan latihan, pada kesempatan ini kami melaksanakan pemberian materi dan praktek lapangan bagaimana cara penaganan pada saat terjadi Laka Lantas.

Apabila penanganan yang dilakukan benar maka dapat terhindar dari fatalitas dan korban bisa diselamatkan, karena jika salah menangani korban Laka Lantas bisa menambah parah luka ataupun kondisi korban tersebut. Sengaja kegiatan ini dilaksanakan di halaman kantor Gubernur yang merupakan tempat terbuka agar bisa disaksikan oleh masyarakat dan diharapakan setalah mendapat materi tersebut mastyarakat dapat berperan aktif pada saat terjadi Laka Lantas untuk melakukan pertolongan awal yang kemudian akan dilakukan pertolongan lebih lanjut oleh tim kesehatan ( Epen Papuaterbit )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here