Demo Di Deyai Berakhir Ricuh, 6 Anggota Personil Menjadi Korban Amukan Massa

0

Jayapura, Papuaterbit.com – Demo damai terkait peristiwa di Jawa Timur tentang Perbuatan Rasis terhadap mahasiswa Papua yang berujung tindakan anarkis,berlangsung di halaman kantor Bupati Deyai, Rabu ( 28/8/19 )

Masa pendemo itu sekitar 100 orang melaksanakan demo damai di halaman kantor Bupati. Setelah 1 jam melakukan orasi, situasi masih terkendali  menunggu kehadiran Bupati Deiyai

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal,SH membenarkan adanya peristiwa demo damai yang berujung tindakan anarkis,berdasarkan rilis yang diterima wartawan Papuaterbit.com.

kemudian tiba-tiba sekitar 1000 orang dengan senjata tajam berupa panah, tombak dan parang datang bergabung dengan pendemo yang sudah ada sebelumnya sambil menari Waita (Tarian adat perang) dan melakukan pelemparan batu kepada aparat yang sedang melaksanakan pengamanan serta memprovokasi dengan teriakan-teriakan, namun anggota yang melaksanakan pengamanan tidak terprovokasi.

Masa melakukan pelemparan batu  kepada aparat dan  penyerangan serta  penganiayaan kepada anggota TNI yang berada di Mobil Kijang super di samping kantor Bupati Deiyai, maka pada saat itu juga anggota yang sedang melaksanakan pengamanan berupaya untuk menghentikan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh massa.

namun terjadi perlawanan secara membabi buta dengan menggunakan alat tajam , bahkan massa memanah dan melempar batu  kea rah anggota yang sedang melaksankan pengamanan di halaman kantor Bupati Deiyai

Akibat kejadian tersebut 6 anggota TNI-Polri menjadi korban (TNI 2 orang dan Polri 4 orang), diantaranya : satu Personel TNI Meninggal Dunia,  satu Personel TNI terkena panah, satu anggota Brimob kena panah, 3 Personel Samapta Polres Paniai kena panah, Sedangkan dari pihak massa 2 orang meninggal dunia, diantaranya 1 orang massa kena tembakan di kaki dan Meninggal Dunia di RS Enarotali 1 orang massa Meninggal Dunia kena panah di perut di halaman kantor Bupati Deiyai.

Kemudian Semua korban telah dievakuasi ke Rumah Sakit Enarotali untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut

Saat ini situasi di Kabupaten Deiyai sudah aman dan kondusif, Bupati dan Forkopimda Deiyai sedang melaksanakan rapat untuk menghimbau massa agar tidak melakukan aksi anarkis yang telah terjadi sebelumnya, ( Redaksi  Pt )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here