Aksi Demo Solidaritas Yapen Berjalan Aman

0

Jayapura, Papuaterbit.com – aksi demo damai yang dilakukan oleh Solidaritas Masyarakat Yapen Anti Rasisme berjumlah kurang lebih 300 orang yang dipimpin oleh saudara Alex Sangenafa, Bernad Ayomi, Aprilia Uruwaya dan Jelin Payae dengan melakukan orasi terkait kasus mahasiswa Papua di Surabaya yang terjadi pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2019 lalu bertempat di Alun-alun Trikora Serui telah berlangsung,Selasa (20/8/19)

masa demo langsung bertemu Bupati Kep. Yapen Tonny Tesar, S.Sos yang didampingi oleh Kapolres Kep. Yapen AKBP Penri Erison, S.Pd.MM, Ketua Dewan Adat Kep. Yapen Onesimus Wayoi, dandim 1700 Yawa Letkol Leon, SH, Ketua FKUB Marthen Worumi, para tokoh Kep Yapen menemui massa aksi demo damai.

Salah satu orasi yang disampaikan yakni turut prihatin atas sikap, tindakan dan perlakuan anak bangsa yang telah melampaui batas kepatutat dan mencederai nilai-nilai kemanusiaan.

” Kami Forum Komunikasi daerah kabupaten Kep yapen memfaslilitasi dewan adat yapen untuk merajut kembali sumpah Zona damai yang telah dicetus pada tanggal 17 September 2000 di Tanah Adat YaPen

untuk dirayakan hari ulang Tahun Zona Damai tanggal 17 September 2019 ini dengan mengundang pimpinan pemerintah di Semarang, Surabaya dan malang agar kita tegakan kembali Zona damai bagi kita semua di Nusantara ini yang dimulai dari Papua – Yapen Tanah Damai.

Kapolres Kep. Yapen AKBP Penri Erison, S.Pd.MM, mengatakan dalam pelaksanaan orasi harus bermartabat dan tidak anarkis, selalu mengedepankan Tuhan dalam segala hal dan tidak mengedepankan emosional dalam pelaksanaan aksi.

“Kita harus saling menghargai antara sesama, sehingga tidak terjadi perpecahan,”katanya

Sementara itu Bupati Kep YapenTonny Tesar, S.Sos mengatakan pernyataan sikap yang telah disampaikan merupakan suatu tindakan solidaritas yang terjadi dan aspirasi yang disampaikan akan diteruskan ke pemerintah provinsi untuk ditindak lanjuti.

setelah melakukan orasi, para pendemo yang berjumlah kurang lebih 300 orang melakukan long march dari SD YPK Serui menuju Alun-alun Trikora Serui, Jalan Moh. Yamin, Jalan P. Dipenogoro, Jalan Yos Sudarso dan kembali finish di Alun-alun Trikira Serui dengan pengawalan aparat gabungan TNI dan Polri.

Selama demo damai berlangsung, berjalan dengan aman dan kondusif dengan pengawalan aparat gabungan TNI dan Polri yang berjumlah kurang lebih 150 personil,”tambahnya(Epen Pt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here