Festival Teluk Humbold X, Menjadi Ajang Pomosi Budaya

0

Jayapura, PapuaTerbit.com – Guna mempromosikan budaya asli Port Numbay, Pemerintah Kota Jayapura gelar Festival Teluk Humbold X yang diselenggarakan di jalan ring-root. Festival ini digelar 5-7 Agustus 2019, dengan mengusung tema “Beat Of Culture” Atau Harmoni Budaya yang memiliki arti “Seirama Dalam Berkarya Untuk Membangun Kota Jayapura”. Senin(5/8).

“ya ini sebagai ajang promosi potensi wisata yang berada di Kota Jayapura, serta mendukung visi dan misi Pemerintah Kota Jayapura.katanya saat memberikan
sambutan ketua panitia, Matius B Mano S.Par.,M.Kp, mengatakan, festival

dikatakan festival ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat asli, dimana mereka bisa menjual pernak-pernik maupun pakaian adatnya

Sementara itu Wali Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano,MM, menyampaikan, budaya dan adat istiadat masyarakat asli sudah mulai

terlupakan. Oleh sebab itu dengan diselenggarakan festival Teluk Humbold X, menjadi ajang promosi sekaligus menjaga tatanan adat-istiadat masyarakat asli.

“Perkembangan kota yang begitu pesat, menyebabkan masyarakat asli terpinggirkan, maka kami hadir memberikan proteksi kepada masyarakat asli. Saya tidak mau masyarakat asli port ,seperti masyarakat Betawi di Ibu Kota Negara,”katanya.

selanjutnya Deputy pemasaran I Kementerian Pariwisata RI, Rizki Handayani, menjelaskan ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan festival, yaitu harus ada atraksi, harus ada akses ke tempat festival dan harus ada fasilitas pendukung seperti hotel, restauran serta perbankan.
“Kami apresiasi dengan festival Teluk Humbold yang sudah 11 kali terselenggara. Hal ini membuktikan komitmen dari Pemkot dalam menjaga dan melestarikan budaya,”tutupnya.(Ind/epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here