FX MOTTE : PPI Hamadi Bukan Pasar Ikan Dan Sayuran

0

Jayapura, Papuaterbit.com –Tidak berfungsinya Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) hamadi sebagai tempat didaratinya ikan hasil olahan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, DR. FX Motte mengatakan, Pelabuhan pendaratan Ikan (PPI) tidak berfungsi dengan baik karena warga menjual ikan dan sayuran

Dikatakan,terbakarnya eks pasar lama, sehingga semua warga yang berjualan dipindahkan ke PPI untuk sementara, dan sekarang tempat PPI berubah menjadi pasar ikan dan sayuran.

” kita memohon kalau bisa dipindahkan mereka kembali ke pasar semula supaya pelabuhan perikanan ikan ini bisa di fungsikan kembali sebagaiman mestinya,” katanya, saat du wawancara di Kantor Gubernur beberapa waktu lalu.

lanjut Motte, sementara menunggu tanggapan Walikota Jayapura untuk memindahkan penjual kembali ke pasar semua.

” Untuk sementara masih menunggu karena harus bicara dengan Walikota, kapan dia mau pindahkan mereka. Itu saja masalahnya, sedangkan yang lain di dalam kita tidak bisa tertibkan orang yang jualan sembarang kaya pasar begitu. Itu kan bukan,” katanya lagi.

Tutur Motte, pasar pelelangan hanya dipakai untuk pendaratan ikan sehingga tidak bisa di pakai untuk berjualan.

” Pasar pelelangan berbeda dengan pasar ikan. Jadi mungkin pengertian pasar ikan itu yang harus di jelaskan PPI Hamadi itu, Pelabuhan Perikanan jadi itu pelabuhannya Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI).

menurutnya, pangkalan pendaratan ikan itu berbeda dengan pasar ikan, Jadi fungsi sekarang ini waktu kebakaran tahun 2006 di pasar sentral hamadi, itu yang mereka pindahkan ke PPI hamadi sementara saja, sebenarnya setelah pasar di bangun mereka pindahkan kembali, jadi pasar kembali kesana jadi yang ada adalah pangkalan pendaratan ikan. Itu kan sejak Pak M R Kambu masih Walikota. Jadi pada saat itu bisa dipindahkan juga memang sekarang tidak ada masalah.

“apalagi Wali kota yang baru ini mau masuk kedalam pasar juga jadi persoalan, karena belum rapikan menjadi tempat yang seyogyanya,tapi untuk mereka ini kan di pakai oleh yang lain kan jadi dia mau kembalikan juga jd soal,,” pungkasnya. (Celia/Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here